Lihat ke Halaman Asli

M. Anshari Akbar

Penikmat Sepakbola

Tanpa Cristiano Ronaldo, Portugal Hancurkan Luksemburg

Diperbarui: 13 September 2023   00:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selebrasi pemain Portugal setelah mencetak gol. (via x/@selecaoportugal)

Saat ini sepakbola eropa sedang sibuk memainkan babak kualifikasi EURO 2024 yang akan digelar di Jerman nanti. Namun tidak semua negara eropa memainkan laga kualifikasi, karena ada juga yang menjalani pertandingan persahabatan.

Pada tengah pekan ini salah satu laga menarik di babak kualifikasi EURO 2024 adalah pertandingan antara Portugal melawan Luksemburg. Laga kedua tim ini merupakan kelanjutan pertandingan di Grup J.

Selain kedua negara tersebut, di Grup J diisi oleh Slovakia, Bosnia & Herzegovina, Islandia, dan Liechtenstein. Mungkin Portugal menjadi negara yang paling diunggulkan pada grup ini.

Jadi selain Portugal, negara lain akan bersaing untuk menjadi runner up di Grup J. Dan lawan Portugal, Luksemburg sebenarnya memiliki peluang lolos karena mengoleksi 10 poin dari 5 pertandingan, dan sebelum melawan Portugal, berada di posisi 2 klasemen.

Portugal saat ini berada di peringkat 9 dalam Ranking FIFA, sedangkan Luksemburg berada di posisi 89 dalam Ranking FIFA. Tentu dari Ranking FIFA, sudah sangat menunjukkan bahwa Portugal sangat superior jika disandingkan dengan Luksemburg.

Pertandingan antara Portugal melawan Luksemburg kali ini berlangsung di markas Portugal yaitu di Estadio Do Algarve, Faro, Portugal. Stadion ini merupakan stadion dari klub Portugal, Farense. Laga ini dipimpin oleh wasit yang sering memimpin laga di Liga Premier Inggris yaitu John Brooks.

Dari jalannya pertandingan, Portugal terlihat sangat mendominasi dengan 66% penguasaan bola, berbanding 34% penguasaan bola oleh tamunya Luksemburg.

Selain itu, Portugal juga mampu melepaskan lebih banyak tembakan ke gawang dari pada Luksemburg. Portugal melepaskan 10 kali tembakan ke gawang on target, sedangkan Luksemburg hanya melepaskan 1 kali tembakan ke gawang on target.

Hasilnya, Portugal menang besar atas tamunya Luksemburg dengan skor 9-0. Gol-gol Portugal pada laga ini dicetak oleh Goncalo Inacio pada menit ke 12 dan pada menit ke 45+4, Goncalo Ramos pada menit ke 18 dan menit ke 34, Diogo Jota pada menit ke 57 dan menit ke 77, Ricardo Horta pada menit ke 67, Bruno Fernandes pada menit ke 83, dan gol penutup dari Joao Felix pada menit ke 88.

Dari daftar pencetak gol, seperti ada yang hilang. Iya, karena tidak ada nama Cristiano Ronaldo dalam daftar tersebut. Bukan karena tidak mampu mencetak gol, tetapi memang tidak dimainkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline