Lihat ke Halaman Asli

M. Anshari Akbar

Penikmat Sepakbola

Legenda Inggris, Wayne Rooney, Akhirnya Pensiun!

Diperbarui: 19 Januari 2021   04:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Legenda sepakbola Inggris, Wayne Rooney, yang memutuskan pensiun sebagai pemain. Foto: Reuters via dawn.com

Setelah pada beberapa waktu lalu nama-nama hebat seperti Vincent Kompany, Iker Casillas, David Villa, Daniele De Rossi, Lucio, dan beberapa pemain lainnya memutuskan pensiun sebagai pemain sepakbola, pada awal tahun ini kembali salah satu legenda sepakbola memutuskan untuk pensiun sebagai pemain yaitu Wayne Rooney. Seperti sempat diumumkan beberapa waktu sebelumnya, Wayne Rooney mengisyaratkan untuk pensiun sebagai pemain pada tahun ini setelah mengemban tugas baru sebagai pelatih.

Wayne Rooney yang saat ini berusia 35 tahun ini memutuskan untuk pensiun sebagai pemain setelah selama 1 tahun bermain untuk klub kasta kedua Liga Inggris, Derby County. Rooney bahkan sempat menjalani 2 peran sekaligus beberapa waktu lalu yaitu sebagai pemain dan juga sebagai pelatih. Tepat pada 15 November 2020, manajemen Derby County menunjuk Wayne Rooney yang merupakan salah satu pemainnya sebagai manajer sementara.

Baru pada 15 Januari 2021 beberapa hari lalu, Wayne Rooney memutuskan pensiun sebagai pemain untuk menjadi manajer tim secara penuh. Jabatan ini merupakan pengalaman pertama bagi legenda sepakbola Inggris ini dan Derby County langsung memberikan kontrak sampai pada 30 Juni 2023 nanti untuk Rooney menjadi manajer atau pelatih kepala dari tim.

Tentu kiprah Rooney sebagai pemain sudah tidak diragukan lagi, baik di level klub maupun untuk timnas Inggris. Rooney bahkan disebut sebagai salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki oleh Inggris. Dan diharapkan Wayne Rooney mampu menghadirkan banyak prestasi bagi Derby County.

Wayne Rooney, ketika periode awal bermain untuk tim senior Everton. Foto: the18.com

Pemain kelahiran Kota Liverpool, Inggris, pada 24 Oktober 1985 ini merupakan salah satu pemain lulusan dari akademi sepakbola Everton yang sangat potensial. Pasalnya ketika usianya masih 17 tahun, pemain bernama lengkap Wayne Mark Rooney ini sudah bermain untuk tim senior Everton. Hanya berselang 2 musim, Rooney langsung dibeli mahal oleh Manchester United pada awal musim 2004/2005.

Setelah bermain selama 13 musim bersama Manchester United, Wayne Rooney memutuskan kembali bermain untuk Everton selama 1 musim pada musim 2017/2018. Hingga pada akhirnya Rooney hijrah ke Liga Amerika Serikat untuk bergabung dengan klub DC United selama 1,5 musim. Tepat pada 1 Januari 2020, Rooney kembali ke Inggris untuk bergabung dengan Derby County hingga pensiun bersama klub kasta kedua Liga Inggris tersebut pada 15 Januari 2021.

Selama 2 kali bermain untuk Everton, Wayne Rooney membukukan 117 laga, mencetak 28 gol, dan menyumbang 4 asis. Namun ketika bersama Manchester United, Rooney meraih sukses besar sebagai pemain dan mendapatkan segala prestasi hebat untuk seorang pemain sepakbola. Tercatat Rooney bermain pada 559 laga, mencetak 253 gol, dan menyumbang 146 asis untuk The Red Devils. Selama 1,5 musim bermain untuk DC United, Rooney mencatatkan 52 laga, mencetak 25 gol, dan menyumbang 14 asis. Sedangkan untuk Derby County, Rooney bermain pada 35 laga, mencetak 7 gol dan 3 asis.

Wayne Rooney ketika berseragam The Red Devils, Manchester United. Foto: Getty Images via strettynews.com

Meski beberapa kali berganti klub, tidak bisa dipungkiri bahwa Wayne Rooney meraih kesuksesan sebagai pemain adalah ketika bermain untuk Manchester United, hingga fans The Red Devils menganggap Rooney sebagai salah satu legenda klub. Hampir semua gelar juara pernah diraih Wayne Rooney ketika berseragam Manchester United. Mulai dari juara Liga Premier Inggris, Piala FA, Piala Liga Inggris, Piala Super Inggris, Piala Liga Champions Eropa, Piala Liga Europa, hingga Piala Dunia Antar Klub pernah diraih Wayne Rooney bersama Manchester United, hanya gelar juara Piala Super Eropa yang belum pernah ia raih.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline