Lihat ke Halaman Asli

Roni Ramlan

Pembelajar bahasa kehidupan

Anjangsana Tahfidz

Diperbarui: 29 Oktober 2022   17:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi anjangsana Tahfid siswa-siswi SDIT Baitul Qur'an Tulungagung 

Sabtu (29/10/2022) SDIT Baitul Qur'an Tulungagung menghelat kegiatan anjangsana tahfidz. Kegiatan anjangsana tahfidz merupakan program lembaga yang dihelat satu semester sekali. Adapun tajuk yang diusung pada kegiatan anjangsana tahfidz kali ini ialah Menyambung Ukhuwah dalam Dekapan Al-Qur'an.

Kegiatan anjangsana semester ganjil tahun akademik ini dilakukan di dua tempat: pertama di kediaman Ukhty Iffah Al-Wafa' (kelas 6) yang berlokasi di pondok pesantren Tahfiz Ar-Raudhah sedangkan lokasi kedua di kediaman akhy Rayhan (kelas 2).

Pembagian dua lokasi ini berdasarkan pertimbangan daya tampung: kapasitas tempat yang dituju dan kuantitas siswa-siswi SDIT Baitul Qur'an Tulungagung. Di lokasi pertama menampung kelompok kelas 4, 5 dan 6 sementara di lokasi kedua melibatkan kelompok kelas 1, 2 dan 3.

Dalam pelaksanaannya, acara dimulai dengan melaksanakan salat duha secara berjamaah, berdo'a dan melantunkan Asmaul Husna. Tatkala melafalkan Asmaul Husna posisi siswa-siswi dalam keadaan berdiri sembari melakukan gerakan tangan khusus yang menyimbolkan makna dari Asmaul Husna yang disebutkan.

Dokumentasi pribadi: Siswa-siswi melaksanakan salat duha 

Setelah selesai, siswa-siswi diinstruksikan untuk duduk rapi. Lantas acara dibuka secara resmi oleh salah seorang ustadz/ustadzah yang ditujuk sebagai petugas. Kebetulan, di lokasi pertama ustadz Biqi as-Saffah yang mengemban tugas untuk membuka acara.

Ustadz Biqi duduk di depan para siswa. Ia menjadi pusat utama. Sedangkan dewan asatidz lainnya duduk di depan memenuhi sisi kanan dan kiri ruangan.

Dokumentasi pribadi: ustadz Biqi sedang memberi sambutan

Sementara di lokasi anjangsana tahfidz yang kedua diampu oleh ustadz Muhammad Ali Said (selaku ketua yayasan LPIT Baitul Qur'an Tulungagung) memberi muqaddimah acara. Hal itu tampak dari foto yang di-share dewan asatidz di grup WhatsApp dewan asatidz SDIT Baitul Qur'an Tulungagung.


Dokumentasi pribadi: ustadz Ali sedang memberi sambutan 

Selanjutnya, para siswa dibagi menjadi tiga halaqah. Ketiga halaqah tersebut melakukan murroja'ah juz yang berbeda. Halaqah pertama murroja'ah juz 30. Halaqah kedua murroja'ah juz 29 sedangkan halaqah ketiga murroja'ah sesuai juz hafalan masing-masing: ada yang membaca juz 28 ada pula yang membaca juz 1.

Masing-masing halaqah kurang lebih berisikan 10-16 orang siswa/i. Alhasil, dengan jumlah itu setiap siswa membaca 1 surat, terkecuali juz 1 yang hanya membaca seperempat atau satu ruku' dari juz tersebut. Lain halnya dengan pelaksanaan anjangsana tahfidz di lokasi kedua yang fokus murroja'ah juz 30 dan melatih semaan.

Dokumentasi pribadi: halaqah siswa-siswi tatkala sedang murroja'ah 

Murroja'ah selesai. Shahibul bait menjamu partisipan anjangsana tahfidz dengan memaparkan profil pondok pesantren Ar-Raudhah. Mulai dari inspirasi nama, berdiri kapan, program lembaga, prestasi dan lain sebagainya. Dokumentasi perjalanan berdirinya pondok pesantren Ar-Raudhah tersebut dikemas dalam slide show photo ala power point dengan back sound lagu religi Opik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline