Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Saukani

TERVERIFIKASI

pensiun bukan lantas berhenti bekerja

Sepertinya, Mobil Esemka Belum Bisa Meluncur Oktober Ini

Diperbarui: 14 Oktober 2018   10:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

mobil esemka dari Tribun Jogja - Tribunnews.com

Mobil Esemka menurut Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin seperti banyak diberitakan media tanah air akan diluncurkan pada bulan Oktober. Pernyataan Cawapres Ma'ruf Amin tersebut dilontarkan pada satu kesempatan diacara di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember pada hari Kamis, 27 September 2018.

Pemahaman saya dari pernyataan Cawapres Kiyai Ma'ruf Amin tersebut adalah pada bulan Oktober ini masyarakat sudah bisa menyaksikan mobil Esemka wara-wiri di jalan, lantaran kita pernah dengar dulu ketika Mobil Esemka itu diperkenalkan sudah dipesan orang ribuan unit.

Atau paling tidak mulai bulan Oktober mobil Esemka sudah mejeng di Dealer-Dealer. Masyarakat penggemar otomotif  yang berminat sudah bisa menyaksikan dan mungkin bisa sekalian uji coba.

Nyatanya bulan Oktober yang hari ini sudah dipenghujung minggu kedua, mobil idaman tersebut belum juga muncul. Mungkin nanti di ujung atau di akhir bulan mobil tersebut akan mentas. Saya penasaran saja dengan modelnya Esemka keluaran terbaru tersebut.

Tapi sepertinya masyarakat penggemar otomotif harus bersabar, Oktober ini mobil Esemka sepertinya belum bisa disaksikan bagaimana rupa dan bentuknya apalagi diuji coba.

Kabar kemarin Jum'at, 12 Oktober 2018 yang dimuat Detik.com menyebutkan Mobil Nasional Esemka sudah siap diproduksi. Itu keterangan dari Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Perindustrian Putu Juli Ardika.

Artinya mobil Esemka baru mau diproduksi. Artinya lagi mobil Esemka tersebut sampai saat ini belum berbentuk. Dengan demikian bagaimana mungkin mobil tersebut akan meluncur pada bulan Oktober ini.

Tapi masyarakat penggemar otomotif yang masih penasaran tidak usah kecewa. Sedikit bersabar lah. Kelak akan ada 8 tipe mobil Esemka. Kementerian Perhubungan sudah mengeluarkan sertifikat uji tipe (SUT) kepada delapan tipe mobil Esemka tersebut.

PT Solo Manufaktur Kreasi salah satu perusahaan yang akan memproduksi mobil Esemka, sudah merilis daftar dari delapan tipe Kendaraan Bermotor Merek Esemka yang akan diproduksi tersebut, berikut daftarnya (sumber dari detik.com):

  1. Garuda I 2.0 (4x4) MT: Mobil penumpang bukan sedan (BBM Solar).
  2. Bima 1.3 L (4x2) M/T: Mobil barang bak muatan terbuka (BBM Bensin).
  3. Bima 1.0 (4x2) M/T: Mobil barang bak muatan terbuka (BBM Bensin).
  4. Niaga 1.0 (4x2) M/T: Mobil penumpang (BBM Bensin).
  5. Bima 1.8D (4x2) M/T: Mobil barang bak muatan terbuka (BBM Solar).
  6. Bima 1.3 (4x2) M/T: nMobil barang bak muatan terbuka (BBM Bensin).
  7. Borneo 2.7D (4x2) M/T: Mobil bus (BBM Solar).
  8. Digdaya 2.0 (4x2) M/T: Mobil barang bak muatan terbuka kabin ganda (BBM Solar).

Mungkin ada yang bertanya soal mobil Esemka, saya ini mau tau aja atau mau tau banget? Terus terang saya mau tahu banget, sebab kalau dari 8  tipe tersebut modelnya ada yang cocok d ihati dan terpenting harganya miring, bukan mustahil saya akan ganti mobil butut saya dengan mobil Esemka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline