Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Saukani

TERVERIFIKASI

pensiun bukan lantas berhenti bekerja

Wasir Kumat

Diperbarui: 12 Agustus 2016   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Memasuki awal bulan puasa kemarin saya punya proyek kecil-kecilan dan mestinya proyek tersebut bisa langsung saya kerjakan tapi malah saya biarkan, bukan tidak butuh uang. Alasannya dengan bahasa kerennya agar bisa konsentrasi ibadah di bulan Ramadhan. Padahal aslinya sih malas saja beraktivitas selama berpuasa.

Astagfirullah, lha puasa kok jadi alasan untuk bermalas-malasan, sungguh teramat sangat tidak pantas untuk diteladani. Di bulan Puasa bahkan mestinya seseorang harus lebih giat bekerja lantaran kebutuhan juga biasanya lebih meningkat, mestinya lebih produktif.

Proyek tersebut akhirnya baru saya kerjakan setelah Lebaran bahkan setelah Syawalan. Sungguh sangat tidak produktif dan banyak waktu terlewat sia-sia.

Akhirnya kerja grasa-grusu itulah kejadiannya, lantaran butuh uang lantas kerja kejar tayang hasilnya peang artinya tidak sempurna dan banyak yang kurang.

Bukan cuma itu, lantaran kerja kejar tayang bukan cuma hasil yang tidak sempurna tapi fisik juga ikut sengsara badan terasa lemah-lunglai. Juga lantaran kerja kejar tayang  pola makan tidak terkontrol ditambah ikut geser-geser barang yang cukup berat akibatnya yang paling parah adalah penyakit simpanan yang sudah lama bersarang ikut protes. Wasir alias ambeien kumat…..

Wasir alias ambeien atau bahasa kedokterannya hemoroid adalah penyakit atau gangguan pada saluran pembuangan akhir alias anus dimana bibir anus mengalami pembengkakan dan kalau sudah cukup parah akan disertai dengan pendarahan….hiii ngeri…

Kendati demikian Wasir termasuk penyakit yang tidak mematikan tapi cukup memalukan bayangkan ketika wasir kambuh seseorang bisa berjalan terpengkang-pengkang dan itu pernah saya alami beberapa tahun yang lalu pergi ke kantor dalam keadaan meringis dan terpengkang-pengkang. Ada seorang teman bukannya prihatin malah cekikikan, tapi saya enggak marah kok sama beliau, beliau memang suka bercanda. Tapi kok ya orang sakit dibuat candaan….

Nah kondisi yang bikin mringis dan terpengkang-pengkang itu kembali saya alami beberapa hari yang lalu dari sebab proyek grasa-grusu tadi, buntutnya ya saya harus lapor dokter untung punya BPJS.

Hikamahnya dari yang saya alami, jangan suka tunda-tunda pekerjaan, bekerjalah dengan penuh perhitungan, jangan paksakan sesuatu yang diluar kemampuan dan jangan lupa jaga pola makan. Dan selalu tawakal kepada Allah…

Khusus untuk penderita wasir agar tidak sering kumat:

Jaga pola makan yang baik dengan makan yang teratur, makan yang teratur akan menyebabkan BAB juga teratur.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline