Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Saukani

TERVERIFIKASI

pensiun bukan lantas berhenti bekerja

Tukang Cukur Saudi Siap Layani Jamaah di Jamarat

Diperbarui: 24 Juni 2015   06:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13817424481326350202

[caption id="attachment_285129" align="aligncenter" width="580" caption="tukang cukur di jamarat, mina/arab news"][/caption]

Seumur-umur tinggal di Mekkah baik hari-hari biasa maupun musim haji seperti saat ini belum pernah bertemu warga Saudi yang jadi tukang cukur. Paling-paling mereka cuma pemilik yang menyewakan tempatnya sementara tukang cukurnya siapa lagi kalau bukan para pendatang yang kebanyakan dari Bangladesh, Pakistan, Mesir, Maroko dan sedikit orang Sudan.

Untuk musim haji tahun ini suatu lembaga Pelatihan di Saudi akan mengerahkan sekitar 150 orang tukang cukur, mereka sudah mendapatkan pelatihan siap melayani para Jamaah Haji yang sudah menyelesaikan ritual melontar Jamarat untuk bercukur.

Bercukur atau memotong sebagian rambut setelah melontar jumrah disebut tahalul awal menjadi syarat seorang yang berihram sudah boleh menanggalkan pakaian ihramnya berganti dengan pakaian biasa dan terbebas dari larangan-larangan ihram kacauali bagi seorang suami berkumpul dengan istri sampai menyelesaikan Tawaf Ifadhah..

Untuk melayani jamaah yang hendak bercukur setelah melontar Jumrah Pemerintah sudah menyediakan tempat khusus yang berdekatan dengan Jumrah Aqobah. Biasa kebanyakan tukang cukur adalah para pendatang dan baru tahun ini tukang cukur pendatang harus berbagi rezki kepada pemuda-pemuda tukang cukur penduduk lokal.

.

Sumber arab news

Selamat hari Raya Idul Adha 1432 H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline