Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Saukani

TERVERIFIKASI

pensiun bukan lantas berhenti bekerja

Kamis, Pemungutan Suara Pemilihan Dewan Kota Saudi Arabia

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="attachment_133872" align="alignleft" width="300" caption="salah seorang kandidat (a.saukani)"][/caption]

Hari kamis besok (29-09-2011) masyarakat Saudi akan mengadakan hajatan besar. Melaksanakan pemungutan suara dalam rangka pemilihan Dewan Kota. Arab News memberitakan lebih dari 10.000 orang termasuk 1.700 pengacara Saudi, para pejabat Saudi dan delegasi yang mewakili berbagai LSM akan memantau jalannya pemungutan suara.

Pemilu yang dilaksanakan kali ini adalah untuk yang kedua kalinya dalam sejarah Arab Saudi. Pemilihan ini adalah untuk memilih setengah dari kursi di dewan kota Kerajaan. Sementara setengah lainnya ditunjuk oleh Pemerintah.

Seperti dalam pemilihan yang diselenggarakan pertama kali pada tahun 2005, kaum perempuan tidak turut berpartisipasi dalam jajak pendapat tahun ini. Namun, mereka akan diizinkan untuk memilih dan dipilih pada pemilihan kota berikutnya tahun 2015 seperti yang telah diumumkan oleh Raja Abdullah yang bergelar Penjaga Dua Masjid Suci pada hari Minggu kemarin.

Hari rabu ini adalah hari terakhir kampanye oleh kandidat dewan kota sebelum pemilih memberikan suara mereka. Masa kampanye yang sempat diselingi gegap gempita peringatan hari nasional berjalan lancar.

Selama masa kampanye para kandidat menyebar foto-foto mereka dalam bentuk poster dan billboard diberbagai sudut kota.

Menurut peraturan pemilihan kota, para kandidat harus menghapus semua tanda-tanda dari kampanye pemilu mereka termasuk poster dan billboard. Mereka juga dilarang untuk membuat pernyataan pers apapun, di radio dan TV pada malam menjelang pemilihan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline