Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UMM Tingkatkan Daya Tarik Pengunjung Sumber Umbulan Melalui Pemasaran Digital

Diperbarui: 1 Maret 2024   14:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: Dokumen Pribadi

Kabupaten Malang - Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif pada masyarakat. PMM tersebut memiliki tujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Tim PMM UMM Bhaktiku Negeri gelombang 4 kelompok 3 yang beranggotakan Ashillah Mahira Dina D. P (2021-065), Amanda Shafira M (2021-079), Muhammad Yusron F (2021-333), Raihan Arzaky P. H. S (2021-556) didampingi oleh dosen pembimbing lapang (DPL) Gina Harventy, SE, Ak., M,Si., CA berhasil melangsungkan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan tersebut berlangsung pada 23 Januari -- 23 Februari 2024 di Wisata Mata Air Sumber Umbulan, Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Tim PMM UMM gelombang 4 kelompok 3 mengusung tema kegiatan "Inovasi Digital dalam Mengoptimalkan Pemasaran Wisata Mata Air Sumber Umbulan."

Wisata Mata Air Sumber Umbulan di Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso menjadi salah satu daya tarik wisata yang berlokasikan di Kabupaten Malang. Mata air ini masih bernuansa alami dan menyajikan ketenangan untuk para pengunjung. Sejumlah pohon besar dan tumbuhan bambu membuat tempat terasa teduh. Di Wisata Mata Air Umbulan, pengunjung juga dapat menikmati kesejukan dan berenang cukup dengan membayar parkir sebesar Rp2.000 untuk motor, dan Rp5000 untuk mobil.

Melihat kondisi fasilitas di Wisata Mata Air Sumber Umbulan kurang memadai untuk pengunjung, tim PMM UMM kelompok 3 menginovasikan untuk merenovasi beberapa fasilitas. Salah satunya yaitu papan penunjuk jalan. Dengan adanya papan penunjuk jalan, pengunjung wisata akan lebih mudah dalam mengakses jalan.  Tidak hanya itu, tim PMM UMM kelompok 3 juga menambahkan bilik ganti berukuran 2 x 2 meter yang diperuntukkan untuk pengunjung yang berenang. 


Upaya memperkenalkan destinasi Wisata Mata Air Sumber Umbulan, tim PMM UMM kelompok 3 mempromosikan melalui sosial media dengan konten-konten yang menarik. Dengan tujuan dapat meningkatkan visibilitas dan popularitas tempat wisata. Sehingga dapat menambah daya tarik pengunjung untuk datang ke Wisata Mata Air Sumber Umbulan. 


sumber gambar: Dokumen Pribadi

"Dengan kedatangan anak-anak pengabdian masyarakat dari Universitas Muhammadiyah Malang, kami merasa sangat terbantu, beberapa pekan ini pengunjung mengalami peningkatan, saya rasa itu pengaruh sosial media yang dikelola oleh tim PMM UMM kelompok 3," ujar Muhammad Arifin selaku pengelola Wisata Mata Air Sumber Umbulan. 

Tim PMM UMM gelombang 4 kelompok 3 berharap, melalui kegiatan yang telah berlangsung dapat memberikan kesan baik kepada pengunjung dengan adanya fasilitas tambahan seperti bilik ganti dan papan penunjuk jalan. Serta dapat meningkatnya daya tarik pengunjung melalui pemasaran digital secara berkelanjutan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline