Lihat ke Halaman Asli

Kisah Nabi Adam A.S: Awal Mula Manusia di Bumi

Diperbarui: 3 Desember 2023   07:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: liputan6.com

Kisah Nabi Adam (AS) adalah cerita yang penuh hikmah dan mendalam dalam ajaran agama Islam. Adam (AS) dianggap sebagai manusia pertama yang diciptakan oleh Allah dan diutus sebagai nabi untuk membimbing keturunannya. Mari kita eksplorasi kisah menakjubkan ini, yang mengajarkan tentang penciptaan, ujian, dan pengampunan.

1. Penciptaan Nabi Adam (AS):

Kisah Nabi Adam (AS) dimulai dengan penciptaannya oleh Allah. Allah menciptakan Adam dari tanah, memberikan kepadanya bentuk yang sempurna. Allah kemudian meniupkan ruh ke dalamnya, memberikan hidup pada makhluk yang pertama kali diciptakan-Nya.

> Al-Qur'an (Surah Sad, 38:71-72):
> "Apabila Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: 'Sesungguhnya Aku menciptakan seorang manusia dari tanah liat, dari tanah liat yang hitam yang dibentuk dengan baik.'"

2. Kediaman di Surga:

Setelah penciptaannya, Adam (AS) dan pasangannya, Hawwa (Eve), ditempatkan di Surga (Taman Eden). Mereka diberikan kebebasan untuk menikmati semua yang ada di sana, kecuali satu larangan: untuk tidak mendekati pohon tertentu.

3. Ujian dan Kedatangan Iblis:

Allah menguji Adam (AS) dan Hawwa dengan larangan tersebut. Iblis, yang pada awalnya adalah malaikat, menyesatkan mereka agar melanggar larangan Allah. Meskipun dijauhkan oleh Allah, Iblis berhasil menggoda mereka dan membuat mereka memakan buah dari pohon terlarang.

> Al-Qur'an (Surah Al-A'raf, 7:20-22):
> "Kemudian bisikkanlah Iblis kepadanya, seraya berkata: 'Hai Adam, maukah aku tunjukkan kepadamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan rusak?'"

4. Penyesalan dan Pengampunan:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline