Lihat ke Halaman Asli

Strategi Sales and Marketing (Menjamu Para Bangsawan)

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menurut Hamry Gusman (Motivator Nasional) di dalam Buku 7 Mukjizat Finansial, terdapat salah satu tips lain untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran yaitu dengan cara melakukan konsumen seperti layaknya menjamu para bangsawan.

Memang sudah selayaknya anda melalukan konsumen laksana seorang bangsawan, yang harus dijamu dengan baik. Berikanlah fasilitas dan pelayanan yang mengesankan, baik sebelum dan sesudah terjadinya transaksi penjualan, Jika anda bisa memberikan layanan yang memuaskan di awal dan didukung dengan layanan after sales yang baik, tak usah hawatir insya Alloh repeat order pun akan lancer berdatangan. Inilah contoh beragam layanan yang dapat anda berikan.

a.    Sosial Media
Bergabunglah disosial media seperti facebook, twitter, dan kaskus yang saat ini sedang menjadi “RAJA PENGARUH” bagi masyarakat luas. Ciptakanlah suatu opini dengan fakta positif mengenai produk anda, sehingga bisa lebih dekat dengan masyarakat. Tunjukanlah komitmen anda untuk selalu memberikan yang terbaik bagi mereka. Tentunya anda masih ingat bukan, bahwa Barack Obama berhasil terpilih menjadi Presiden berkulit hitam pertama di Amerika Serikat, karena dukungan jutaaan Facebookers.

b.    BBM atau SMS
Buatlah suatu hubungan yang harmonis dengan konsumen. Jangan hanya menginformasikan promo dan diskon saja melalui BBM atau SMS, sesekali kirimkanlah cerita pendek yang menghibur, dan inspiratif pada konsumen anda, maka hubungan emosional Antara produk anda dan konsumen pun, akan selalu terjaga dalam suasana yang berbeda.

c.    Konsultasi Gratis
Untuk produk dengan harda yang relatif tinggi, para konsumen biasnaya memerlukan konsultasi seputar manfaat dan karakteristik dari produk itu, baik sebelum maupun sesudah memmbeli produknya. Bukalah layanan konsultasi gratis via telpon. Contohnya untuk produk mobil, rumah, perangkat elektronik, bimbingan belajar, dan lain sebagainya.

d.    Service Gratis
Jika dahulu rata rata produsen mobil memberikan garansi service gratis 2 bulan, kini sudah banyak yang memperpanjang menjadi 3 tahun. Mengapa begitu? Jelas, mereka berusaha meningkatkan pelayanan bagi para konsumennya. Sehingga konsumen akan merasa lebih aman dan diuntungkan

e.    Hadiah kecil
Berikanlah ucapan selamat ulang tahun pada konsumen anda, lebih hebat lagi jika anda memberikan mereka kejutan berupa hadiah kecil  Percayalah, mereka akan selalu ingat pada produk anda.

f.    Fasilitas untuk Anak
Mengapa hampir setiap restoran besar menyediakan kursi untuk balita? Mengapa Kentucky Fried Chiken (KFC) bahkan menyediakan kid corner sebagai area bermain anak? Mengapa hypermarket menyediakan troly belanja berbentuk mobil-mobilan? Mengapa banyak produsen menggelar aneka lomba gambar dan mewarnai untuk anak? Ya, karena jika produsen berhasil memikat anak, maka produsen sudah 75% berhasil memikat para orang tuanya untuk memilih produk mereka.
Masih banyak aneka pelayan yang dapat anda berikan, kreasikanlah pelayanan itu sedemikian rupa, sehingga berguna bagi konsumen dan mereka pun akan terkesan dengan produk anda.

Ir. Hamry Gusman Zakaria, MM

www.MajalahMotivasi.co.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline