Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Investasi Jangka Panjang

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Sebagai manusia kita harus mempunyai investasi jangka panjang, yang secara langsung akan menunjang kehidupan kita secara finansial.

Investasi berapa tahun belakangan ini mulai menjadi tren yang sering dibicarakan dan dilirik oleh banyak orang. Semakin banyak orang yang mengerti akan pentingnya berinvestasi. Dibandingkan dengan menabung atau bergantung kepada deposito.

Ada berbagai macam investasi jangka panjang, yaitu:
1. Properti, seperti membeli properti dan disewakan, ataupun membeli tanah untuk disimpan (untuk membeli Property,
2. Beli emas, dan disimpan untuk jangka panjang. Atau melalui media online.
3. Kolektor produk-produk antik bernilai tinggi (lukisan, barang seni, dkk)
4. Franchise yang bisa pasif income, seperti Indomaret, Alfamart, Apotek K24, dll.
5. Bisnis (sebagai komisaris ataupun penyerta modal pasif saja), tetapi hati-hati ya karena bisnis juga banyak yang tidak benar pula. (Pelajari Sistem dan Laporan Keuangannya)
6. Berinvestasi langsung di saham-saham yang benar dan kredibel / bluechip, dll

Keuntungan investasi tanah yaitu:

Memperoleh jaminan pendapatan tetap. Dengan memiliki sebuah aset investasi, seorang investor akan merasa terjamin karena dengan aset investasinya tersebut ia nantinya dapat memanen keuntungan dari penjualan asetnya yang selalu dinilai dengan harga yang lebih tinggi dari harga pembeliannya di masa lalu. Dengan kata lain, aset atau dana yang diinvestasikan itu bisa bekerja menghasilkan uang sendiri tanpa membutuhkan kerja keras investor sehingga di masa depan keuntungannya akan terakumulasi untuk dinikmati investor.

Biaya perawatan tanah kosong tergolong kecil. Sebidang tanah memang tidak memerlukan pemeliharaan yang sulit. Berbeda dengan properti berupa bangunan, seperti rumah, ruko, kantor, atau kios.
Bisa diperoleh dalam jangka panjang (lebih dari lima tahun). Apa bila Anda ingin menjualnya setelah lima tahun, maka umumnya nilainya sudah meningkat dua kali lipat.

Properti yang memiliki return dan capital gain yang tinggi sebaiknya jangan dijual dalam waktu singkat. Jika ini Anda lakukan, maka sama saja Anda menyembelih angsa yang bertelur emas. Sebaliknya tunggu dulu hingga harganya naik signifikan. Biasanya, kenaikan nilai properti akan sangat terasa setelah lima tahun.

Nilai tambah (added value) bisa diperoleh ketika lahan tersebut dikembangkan. Belakangan banyak ditemukan pengembangan perkebunan dalam skala kecil yang dikemas dalam bentuk cluster. Jika lahan tanah termasuk subur, anda dapat mempergunakannya untuk ditanami Pohon Sengon, yang hasil panennya akan membuat anda mempunyai ladang emas dalam jangka waktu yang panjang.

Jika anda tertarik untuk memiliki investasi jangka panjang, berupa tanah + pohon sengon, segera hubungi kami
Informasi lebih lanjut di:

GRAHA MUSTIKA RATU, Lantai 7, Jl. Jend Gatot Subroto Kav 74-75, Jakarta Selatan.
Call: 021-83709208 /08159279198
PIN : 2953ADE8




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline