Lihat ke Halaman Asli

Dinas Ketenagakerjaan Tangsel Mengagumi Kesadaran PT Trakindo Utama BSD Menerapkan K3

Diperbarui: 17 Juni 2015   11:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14228375121753283802

[caption id="attachment_366878" align="aligncenter" width="403" caption="Dok Pribadi"][/caption]

Serpong – Tangsel

Bicara tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 ) bagi pekerja di perusahaan memang belum semua perusahaan menerapkannya dengan baik. Hanya beberapa perusahaan yang terutama memiliki karyawan lebih dari 100 orang yang telah menerapkannya.

Walau demikian lebih sedikit lagi perusahaan yang secara sadar bukan karena kewajiban semata yang menerapkan K3 di tempat kerja. Salah satu yang menarik PT.Trakindo Utama BSD yang baru berdiri satu tahun namun secara kasat mata kita bisa melihat sendiri.

Betapa tidak untuk bisa masuk ke halaman kantor saja bagi pekerja yang berkendaraan motor harus memakai helm begitu juga penumpangnya. Selain itu masih ada jalur-jalur jalan yang ditandai dengan cat warna tertentu yang  menunjukkan arah harus dilalui.

Baru mau masuk ruangan lobby saja pihak keamanan yang menyambut terlihat ramah dan professional. Serta tidak ada sedikitpun sampah terlihat baik itu disekitar halaman parkir maupun didalam kantor.

Saat mendapatkan penjelasan lebih lanjut dari Branch Manager PT.Trakindo Utama BSD  Bapak Eka Budhi Mahatma penerapan K3 perusahaan sangat ketat dan terdapat SOP yang mengaturnya. Beliau juga mengilustrasikan untuk memasuki workshop, siapapun termasuk tamu harus melalui sreening dan induksi atau pemberian pemahaman K3 sebelum memasuki workshop.

“ Trakindo sangat perduli tentang penerapan K3. Kami secara sadar memiliki kepedulian tinggi dan kalaupun terjadi kecelakaan kecil saja, hal tersebut harus dilaporkan ke manajemen atas serta kegiatan bisa ditunda mulai dari satu jam hingga satu harian tergantung tingkat kecelakaan. Bukan itu saja untuk memasuki workshop saja tidak bisa sembarangan. Siapapun yang akan memasuki workshop harus melalui proses induksi baru bisa masuk.” Ungkap Eka dengan sopan santun dan keramahan yang tinggi.

Memang bukan sekedar dimulut saja tapi ketika kita memasuki Trakindo BSD penerapan K3 dapat terlihat kasat mata. Tidak heran Dinas Ketenagakerjaan Tangsel memuji PT.Trakindo Utama BSD sebagai salah satu perusahaan yang sangat memperhatikan K3 dan mau bekerjasama dengan pemkot dalam penerapannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline