Lihat ke Halaman Asli

Mamnun Laidu

Pegiat Sosial

Ketika Garuda Menjadi Juara

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Garuda di dadaku
Garuda kebanggaanku
Ku yakin hari ini pasti menang..
Kobarkan semangatmu
Tunjukkan keinginanmu
Ku yakin hari ini pasti menang...

Itulah sepenggal lirik dari lagu band Netral yang tanpa lambat laun ikut mengangkat semangat nasionalisme kita sebagai masyarakat sebuah bangsa besar.

Ya, melalui olahraga sepakbola yang semakin di cintai oleh smua lapisan masyarakat Indonesia seiring dengan kemenangannya atas tim lawan sehingga menjadi finalis piala AFF 2010 karena di dalam sepak bola juga selain menampilkan sportifitas dan semangat juang tinggi, juga ada strategi dan  taktik untuk memenangkan pertandingan.

Olah raga sepak bola pertama kali di mainkan oleh orang romawi yang menang dalam perang yang kemudian mereka menendang kepala-kepala musuh mereka yang kemudian menjadi kebiasaan dalam kehidupan mereka lalu lahirlah sepak bola. Namun adapula sumber lain dalam salah satu dokumen militer menyebutkan, pada tahun 206 SM, pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, masyarakat Cina telah memainkan bola yang disebut tsu chu. Tsu sendiri artinya “menerjang bola dengan kaki”. sedangkan chu, berarti “bola dari kulit dan ada isinya”. Permainan bola saat itu menggunakan bola yang terbuat dari kulit binatang, dengan aturan menendang dan menggiring dan memasukkanya ke sebuah jaring yang dibentangkan diantara dua tiang.

Terlepas dari kontroversi tentang asal muasal lahirnya olah raga sepakbola tersebut namun demikian, yang sangat menarik adalah ketika sepak bola bisa menjadi instrumen untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Kemenangan yang diraih oleh tim Indonesia sehingga mengantarkannya menjadi finalis ternyata bisa menjadi medium untuk membangkitkan semangat nasionalisme bagi warga Indonesia.

Semoga tim Garuda bisa menjadi juara pada piala AFF 2010 dan menorehkan sejarah baru di dunia sepakbola sekaligus menjadi instrumen kebangkitan semangat nasionalisme kita dan takkan memudar seiring dengan berakhirnya piala AFF ini, bahkan kitapun berharap semangat nasionalisme kita akan semakin kental.

GARUDA MENJADI JUARA...

KUYAKIN HARI INI PASTI MENANG




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline