Lihat ke Halaman Asli

MamikSriSupadmi

Wiraswasta

Hafalan Surat Pendek Ditambah

Diperbarui: 5 April 2023   06:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

     Ramadhan harus disertai semangat untuk berubah menjadi lebih baik dari tahun tahun sebelumnya. Kebaikan yang berlebih ini dipercaya juga mendatangkan manfaat yang berlebih baik bagi diri kita maupun lingkungan sekitar. Istilahnya dalam menjalani aktivitas kehidupan akan terasa lebih bermakna. Lebih glowing terpancar semangat di aura wajah kita. 

     Selain skill yang nampak terlihat misalnya menambah keahlian baru dalam memasak atau mempraktekian resep baru sebuah masakan, skill berdandan alias mic n match penampilan kita jelang Hari Raya Lebaran nanti, ada skill yang sifatnya ruhaniah tetapi manfaatnya luar biasa. 

    Target saya adalah menambah hafalan surat pendek yang biasa kita baca saat Sholat. Harap maklum saja, penguasaan hafalan surat pendek sepertinya masih berkutat itu itu saja, warisan zaman SD dan SMP waktu daya hafal kita masih tokcer. Hehe... Barangkali anda semua juga mengalaminya. Iya hafalan surat pendek . Secara bercanda terkadang andalan hafalan surat pendek kita adalah Qulhu Inas. Apa itu? Yah itulah 2surat pendek andalan QS Al Ikhlas dan QS AnNaas. Tak apa juga sih daripada tak hafal sama sekali karena dalam mengerjakan ibadah wajib sholat kita memang harus menyertakan surat surat pendek. Bagi awam seperti kita, sudah bahagia rasanya bisa hafal dia surat andalan tersebut. 

     Nah, berhubung waktu senggang kita mungkin juga lebih banyak daripada bulan bulan biasa sebelumnya buatlah target untuk menambah hafalan surat pendek. Sambil membaca artinya dan paham maknanya juga akan terasa lebih indah dan menambah semangat. Merasa kesusahan dalam menghafal karena faktor usia, tentu saja perlu disiasati dengan membaca surat pendek tersebut setiap hari berulang kali. Boleh ditetapkan target misalnya minimal hafal 2 surat pendek Al Quran. Syukur syukur minimal 4 sehingga perminggu nya kita punya pola. Beri reward pada diri sendiri agar target tercapai.  Pilih surat pendek yang populer misalnya QS Al Kautsar, QS Al Ashr, QS Al Ma'un. Dan boleh memilih yang lain karena buku panduan juzz Amma tersedia dengan mudah untuk bisa kita dapatkan

     Bagaimana kawan? Tambah umur lho semakin tambah usia kita. Tanamkan hal tersebut sehingga menghafal surat pendek juga termasuk bekal ibadah kita kelak sampai usia tua nanti. Toh semua bacaan Al Quran banyak manfaat dan hikmahnya. Kado terindah akan didapat langsung dari Sang Maha Kuasa. Yuk mari sama sama kita coba dan tingkatkan skill hafalan surat pendek Al Quran. Rasakan pasti ada kebaruan hati yang berbeda. Semoga. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline