Lihat ke Halaman Asli

Jangan Lupa Makan Buah di Bulan Ramadan

Diperbarui: 18 Juni 2015   06:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14053110291341847344

[caption id="attachment_347641" align="aligncenter" width="512" caption="Konsumsi buah segar selama bulan puasa."][/caption]

Bulan puasa ini tidak sedikit teman yang jatuh sakit. Penyebabnya antara lain mengabaikan makanan sehat. Selain mengonsumsi makanan sehat agar kondisi tubuh tetap terjaga dengan baik, saya biasanya menyertakan buah-buahan di saat buka dan sahur.

Memang, banyak yang masih meremehkan manfaat buah-buahan pada saat berpuasa. Seringkali, kalau kami buka puasa di luar rumah, malah jarang sekali disajikan buah-buahan. Selain kurma, ini beberapa buah yang sebaiknya dipilih untuk dikonsumsi di bulan puasa ini.

[caption id="attachment_347642" align="aligncenter" width="448" caption="Jangan lupa, belanja buah-buahan segar."]

1405311114425006483

[/caption]

Blewah

Blewah kaya akan kandungan gula dari monosakarida, seperti sukrosa dan fruktosa, sehingga baik untuk berbuka puasa. Kandungan air dalam buah blewah juga sangat baik untuk mengatasi dehidrasi tubuh. Di Indonesia, blewah pernah menjadi salah satu buah primadona. Namun sekarang mulai ditinggalkan karena blewah termasuk buah yang harus diolah, paling sering untuk es buah. Pada era instant ini orang ingin buah-buahan yang lebih praktis, tinggal makan.

Pisang

Pisang termasuk paling mudah mengonsumsinya, dan  paling mudah ditemukan di pasar.  Pisang paling baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena mengandung karbohidrat, mineral, vitamin, magnesium, dan kalium. Kandungan potasium pada buah pisang juga sangat baik untuk metabolisme tubuh dan aktivitas jantung. Serta sodium dalam pisang kandungannya rendah, sehingga dapat mengurangi risiko darah tinggi. Untuk Anda yang memiliki permasalahan pada pencernaan, seperti usus dan lambung, sangat cocok mengonsumsi buah pisang. Dagingnya yang lembut aman dan dapat menjadi lapisan anti radang.

Yang mau sedikit ribeut, pisang bisa diolahmenjadi  jus atau kolak. Sebaiknya tidak menggunakan tambahan gula dalam olahan pisang.

Pepaya

Karena pola makan yang berubah saat puasa, beberapa teman saya mengalami masalah dengan pencernaan. Untuk mempercepat proses pencernaan, tubuh membutuhkan yang namanya enzim papain yang terkandung dalam buah pepaya. Enzim papain juga berfungsi mengatur asam amino dan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, juga bermanfaat untuk membantu menjaga sistem kekebalan di dalam tubuh.

Pepaya termasuk buah yang harus dikupas dan dipotong-potong. Untuk beberapa orang dianggap kurang praktis. Selain dimakan begitu saja setelah dikupas dan dipotong, papaya bisa dijus atau jadi campuran es buah.

[caption id="attachment_347643" align="aligncenter" width="314" caption="Minum jus buah agar tetap sehat selama puasa."]

14053111531287794645

[/caption]

Semangka

Semangka mengandung 92% kadar cairan. Tubuh juga memerlukan banyak air ketika berpuasa. Semangka sangat cocok dikonsumsi di bulan puasa. Kandungan air, magnesium, kalsium, dan natrium dalam buah semangka dapat mencegah dehidrasi di bulan puasa.

Banyak teman saya malas membeli semangka karena sering kali kecewa rasa semangkanya kurang manis atau belum masak. Padahal, bisa minta bantuan tukang buah kok. Kalo tukang buahnya berbohong, batal dong puasanya :)

^_^

foto-foto: Dokumen Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline