BELAJAR SERU DENGAN BOARDGAME QR CODE SILAMON
Farida Hanum M.Pd
"Belajar sambil bermain, Bermain sambil belajar"
Jargon yang tak asing ditelinga kita, bisa menjadi pilihan tepat saat peserta didik mengalami kebosanan di dalam kelas. Bermain, selain bisa digunakan sebagai sarana rekreatif juga dapat digunakan sebagai sarana edukatif, bila kita mampu memanfaatkan permainan tersebut dengan benar.
Dengan kata lain permainan dapat dijadikan sebagai strategi dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga proses pembelajaran tidak terkesan monoton bahkan membosankan.
Seringkali kita dihadapkan dengan suasana kelas yang tidak kondusif, rusuh bahkan menurunnya semangat belajar, apalagi saat berada di atas jam-jam rawan yakni pada jam terakhir pembelajajaran.
Belajar sambil bermain menjadi solusi kreatif untuk mengajak peserta didik bersemangat kembali dalam belajar. Belajar sambil bermain juga merupakan kaedah pembelajaran yang mendekatkan peserta didik kepada pengalaman yang sebenarnya secara langsung, dalam suasana belajar yang menyenangkan.
Boardgame merupakan jenis permainan yang familiar bagi anak, permainan dengan menggunakan papan permainan ini merupakan salah satu media yang bisa dijadikan untuk kegiatan belajar mengajar.
Boardgame ini memiliki beberapa jenis, seperti; monopoli, ludo, ular tangga, scrabel, sudoku dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan media dalam pembelajaran. Kali ini penulis ingin berbagi pengalaman tentang pemanfaatan media boardgame dalam penanaman nilai-nilai pancasila.
Boardgame QR.Code 'SILAMON" adalah media pembelajaran yang menggunakan papan permainan yang didesain sedemikian rupa sesuai dengan tujuan pembelajaran.