Lihat ke Halaman Asli

Menaksir Dalang Demo Berantai FPI

Diperbarui: 31 Oktober 2016   10:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TRIBUNNEWS/Herudin


Demo Front Pembela Islam (FPI) hari Jumat 14 Oktober lalu tak berakhir dengan damai. Taman dirusak, sampah berserakan, ruang kota diisi dengan teriakan nan sadis ‘ayo bunuh Ahok!’ Keadaan semi-anarkis telah tumpah ke jalan raya, di depan Balai Kota.

Adik dari Ustadz Jefri Al-Buchori, Fajar Siddiq, pernah mengakui bahwa demo-demo FPI selalu berkoordinasi dengan partai Gerindra. Berarti demo kali ini pun besar kemungkinannya ada keterlibatan Gerindra di demo FPI Jumat lalu.

Apalagi ada Habiburokhman di tengah-tengah massa FPI. Ia mendapat panggung utama untuk mengarahkan demo tersebut.

Muncul juga di antara mereka, Amien Rais, salah satu pendiri Koalisi Merah Putih (KMP), yang juga percaya KMP adalah benteng terakhir kedaulatan Indonesia.

Republika/Aditya Pradana Putra

Mungkinkah tuduhan-tuduhan tunggangan Amien Rais untuk menyerbu Ahok ternyata hanya decoy saja? Apa ternyata ada agenda coup yang lebih besar terkait dengan kemunculan dua partai petinggi KMP di demo tersebut? Tentu untuk bergerak ke arah situ Habiburokhman dan Amien Rais perlu terjun langsung untuk mengarahkan tentara agama mereka.

Diperkuat lagi dengan edaran video berisi keterangan Tengku Zulkarnaen yang mau menurunkan Presiden lewat demo 4 November nanti. Kecurigaan saya semakin kuat. Demo bela agama ini ternyata berbau politik. Ada tokoh-tokoh berkepentingan yang ‘menyetir’ FPI ke arah yang berlawanan. Apalagi FPI berencana mendatangkan puluhan ribu anggotanya dari berbagai daerah. Masa iya hanya untuk mendemo Ahok, Gubernur Jakarta, perlu massa sebanyak itu dari penjuru-penjuru Indonesia?

Jangan-jangan ada rencana menyentuh Kepala Negara lewat demo-demo FPI yang dipicu oleh KMP, koalisi milik Prabowo Subianto. Harus diingat Prabowo juga merupakan lawan politik Jokowi di Pilpres 2014 yang lalu.

www.oktrus.com

Kita semua tahu, Prabowo terkenal lewat makar 98 bersama Kopasusnya yang berhasil merekonstruksi sebuah negara. Bukan tidak mungkin hal tersebut terjadi lagi di negara yang sama, Republik Indonesia. Mungkinkah Prabowo dalangi demo berantai FPI demi memperjuangkan yang katanya benteng terakhir kedaulatan Indonesia?



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline