OPTIMALISASI METODE MULTISENSORY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DYSELEXIA
1Malya Safa Putriana, 2Muhammad Nofan Zulfahmi
Pendidikan merupakan landasan terpenting untuk membentuk generasi yang berkualitas. Pendidikan memerlukan pendekatan yang efektif dan komprehensif untuk memenuhi kebutuhan siswa. Seorang anak yang terlahir dengan kondisi yang berbeda-beda yang terbentuk dengan keunikannya masing-masing, begitu juga anak yang mengidap disleksia.
Hal ini adalah salah satu tantangan dalam dunia pendidikan. Bahwa semua siswa, termasuk dengan anak disleksia dapat mendapatkan kesempatan belajar yang sesuai. Menurut pasal 28 H ayat (2) UUD 1945 "setiap orang berhak atas fasilitas dan perilakuan khusus atas persamaan kesempatan belajar yang sesuai".
Seorang pendidik, dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mengoptimalkan strategi pembelajaran yang komperhensif dan efektif bagi anak yang mengalami disleksia. Penggunaan media pembelajaran yang tepat, bertujuan agar siswa penderita disleksia dapat mencapai potensi maksimal dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran (Adella, 2024).
Kata disleksia berasal dari Yunani yaitu dyslexia, "dys" berarti kesulitan dan "lexis" berarti bahasa, yang berarti kesulitan dalam berbahasa. Meskipun memiliki kecerdasan dan motivasi belajar yang baik, anak dengan disleksia tetap tidak mampu membaca, menulis, dan mengeja. Gangguan disleksia ini dapat menyebabkan ketidakmampuan belajar bagi seorang anak (Haifa, 2020).
Gangguan ini menunjukkan bahwa penderita disleksia mengalami kesulitan belajar bahasa, baik dari mengenali atau membedakan huruf, maupun ejaan, sehingga mengakibatkan keterlambatan belajar.
Anak penderita disleksia memerlukan pendekatan belajar yang lebih individual dan disesuaikan dengan gaya belajarnya. Sebanding dengan teori konstruktivisme yang lebih mengutamakan pengalaman belajar dari pada hasil. Hal ini memungkinkan anak penderita disleksia belajar dengan kecepatan mereka sendiri tanpa merasa tertekan (Primasari, 2021).
Salah satu strateginya adalah dengan menggunakan metode multisensory untuk belajar. Metode ini merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan seluruh indera anak dalam proses pembelajaran.
Kebosanan juga berkurang dan keterlibatan anak dalam belajar ditingkatkan melalui aktivitas taktis yang melibatkan asosiasi visual, aktivitas audiotori dan kinestetik, serta meningkatkan rentang perhatian terhadap huruf dan kata secara detail (Mua'wwanah, 185:2021).
Metode multisensory dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran melalui media flashcard. Flashcard adalah alat visual yang dibuat untuk mengajarkan konsep dasar dengan cara yang simpel dan menarik.