Lihat ke Halaman Asli

Suharyanto Mallawa

TERVERIFIKASI

Pustakawan Perpusnas

Ngopi Literasi Pelayanan Publik Bersama Sekjen Ombudsman

Diperbarui: 26 Januari 2024   10:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 sumber gambar Perpustakaan Nasional

Ngopi Sensasi Pelayanan Publik Bersama Sekjen Ombudsman RI

Sahabat perpusnas, mari Yuk,  kita simak Podcast Ngopi Sensasi, Ngobrol pintar seputar perpus dan literasi. Siaran Podcast dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Januari 2024, pukul 08.30 wib. Dan dapat ditonton secara tunda melalui Youtube Perpusnas. Podcast Ngopi Sensasi merupakan program dari Radio Widya Bahana Swara yang disiarkan secara langsung setiap hari Rabu

Ngopi literasi kali ini bertemakan "Pelayanan Publik  dan Indeks Literasi Masyarakat, dibawakan oleh Agus Sutoyo, Kepala Pusat Pujasintara Perpusnas. Dengan menghadirkan Sekjen Ombudsman RI , Dr. Suganda Padapotan Pasaribu, AP, M.Si.dan Dr. Adin Bondar , S.Sos. M.Hum., Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI.

Agus Sutoyo selaku pembawa acara dengan piawi melontarkan kalimat pembukaanya, apa sih Lembaga ombudsman ini, lalau bagaimana tugas pokok Lembaga Ombudsman. Yang disambut dengan Lugas oleh Suganda bahwa Ombudsman adalah Lembaga pengawasan publik yang didirikan pada waktu itu bagaimana Presiden Abdurahman Wahid melihat bahwa Ombudsman hadir ditengah-tengah negara maju, jadi Presiden Abdurahman Wahid mempunyai Impian Indonesia bisa menjadi negara maju. 

Tugas Ombudsman menerima laporan-laporan dugaan mal admministrasi dalam pelayan publik. Ombudsman siap melayani Masyarakat. Tugas Ombudsman juga pemeriksaan terkait subtansi yang dilaporkan Masyarakat, Ombudsman juga bisa melakukan investigasi. Pelayanan Publik di Indonesia semakin baik, Total jumlah entitas yang disurvei pada 2023 sebanyak 596, dari jumlah tersebut  yang masuk zona hijau 414 (70,70 %) hasil ini lebih baik dibandingkan tahun 2022. Suganda juga menyampaikan terkait dengan survei kepuasan pelayanan publik.

Agus Sutoyo juga bertanya kepada DR. Adin, terkait dengan literasi atau kegemaran membaca, apa yang sudah dilakukan Perpusnas dalam pembudayaan kegemaran membaca di Indonesia ? DR. Adin menyampaikan bahwa Tujuan hadirnya perpustakaan adalah bahwa hadirnya perpustakaan memberikan pelayanan kepada pemustaka, meningkatkan pengetahuan dan wawasan untuk kecerdasan. 

Perpustakaan hadir sebagai pelayanan publik maka Kor Bisnisnya bagaimana menjamin seluruh warga negara Indonesia dapat mengakses sumber-sumber informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidupnya ini yang disebut kecakapan literasi dan memaknai informasi lebih kritis   Kemampuan seseorang untuk mendapatkan informasi. Perpusnas sebagai ruang terbuka, perpustakaan hadir untuk meningkatkan ketrampilan di Masyarakat. Nilai tingkatkan kegemaran meningkat dibandingkan tahun lalu. Perpustakaan akan melalukan program-progran yang inovatif.

Sahabat Perpusna dapat melihat secara lengkap dalam kanal Youtube Perpusnas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline