Lihat ke Halaman Asli

Suharyanto Mallawa

TERVERIFIKASI

Pustakawan Perpusnas

Kilas Balik Kompasiana, capaian paling Hit, Transformasi Perpustakaan Berbasis Inkulsi Sosial

Diperbarui: 1 Januari 2024   20:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi Foto di Perpustakaan Istana Bogor

Kilas Balik Kompasiana, capaian paling hit, tranformasi.perpustakaan berbasis inklusi sosial

Sebagai seorang pustakawan, saya merasa senang dan bahagia ketika karya konten berupa tulisan di Kompasiana menjadi tulisan yang paling hit di akun yang saya miliki yaitu Suharyanto Mallawa.

Sepanjang membuat tulisan di kompasiana sejak 2013 ada satu tulisan saya yang dimuat pada  24 Februari 2019 dengan judul "Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial" masuk ke dalam Topik pilihan dengan tingkat keterbacaan 14.414 pembaca,  mungkin bagi  para penulis kompasiana yang lainnya,  capaian ini merupakan capaian yang biasa saja, tapi bagi saya capaian ini merupakan kebanggaan saya bahwa dengan menulis bisa berbagi ke orang lain. Dan bahkan tulisan saya tersebut telah dijadikan rujukan atau kutipan oleh berbagai penulis sebagai tulisan populer, bahkan dijadikan rujukan untuk karya ilmiah oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggiuntuk keperluan  jurnal, skripsi, tesis, bahkan ada yang disertasi.  Jadi tulisan paling tidak bukan hanya saja berupa out put dengan keterbacaan yang tinggi tapi bisa menjadi out come. Motto yang saya pegang adalah "Teruslah menulis, dan teruslah berbagi tulisan".

Dokumen Pribadi

Berikut saya berikan 3 contoh rujukan atau kutipan di tahun 2022 dan 2023  sebagai outcome  dari tulisan saya yang dimuat di kompasiana pada  24 Februari 2019.

(1).  Dampak transformasi perpustakaan desa berbasis inklusi sosial terhadap kesejahteraan masyarakat (penelitian pada perpustakaan desa simpang utama kabupaten bener meriah) skripsi disusun oleh: Diana nim. 190503156 mahasiswa Fakultas Adab Dan Humaniora Prodi Ilmu Perpustakaan. Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh 2022.

(2) Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Merangin Dalam Mengembangkan Produktivitas Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Berbasis Inklusi Sosial Prima Aziza, Muhammad Rum, Fridinanti Yus Fhin UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

(3) Kinerja Perpustakaan Dalam Transformasi Berbasis Inklusi Sosial Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Enrekang.  Sudarmin Sudarmin Itb Nobel Indonesia Makassar.  Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia

Semua pengalaman ini menjadi penyemat saya untuk terus menulis utamanya di Kompasiana dan semoga tetap istiqamah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline