Lihat ke Halaman Asli

Suharyanto Mallawa

TERVERIFIKASI

Pustakawan Perpusnas

Marketing Sosial Perpustakaan Nasional RI melalui Medsos Twitter

Diperbarui: 26 Maret 2023   15:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Twitter Perpusnas

                                                                                     

Tulisan ini akan mengupas tentang Marketing Sosial  Perpustakaan Nasional RI melalui Akun Twitter diabgi menjadi 5 bagian yaitu pengantar, marketing sosial, Pengguna Internet dan Media Sosial di Indonesia, Fitur Aplikasi Twitter, dan Akun Twitter Perpusnas

Perpustakaan Nasional RI berperan aktif dalam mempromosikan  berbagai program kegiatan perpustakaan dan literasi melalui media sosial, hal ini sebagai upaya tampil di gancah digital dengan nuansa marketing sektor publiknya yang kekinian. Marketing sektor publik yang digunakan oleh Perpusnas RI dalam  media sosial melalui akun youtube, instagram, facebook, twitter, dan tiktok.  Peran Perpusnas RI dalam media sosial dikuatkan dengan regulasi  Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional  Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2023 Tentang Pembentukan Tim Optimalisasi Publikasi Melalui Akun Media Sosial.  Tim Optimalisasi  Publikasi  ini mempunyai tugas : Pembuatan konten informasi  perpustakaan  dan kegemaran membaca dan penyebarluasan konten informasi Lembaga. Keputusan ditetapkan di Jakarta pada tanggal 16 Januari 2023 ditaanda tangani oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia  Muhammad Syarif Bando.

Marketing Sosial

Markateing sosial meruapakan penggunaan jaringan media sosial di semua komponen bauran pemasaran:  produk, harga, promosi, dan tempat. Sedang Markerting sosial dalam bidang perpustakaan berkaitan dengan program kegiatan perpustakaan, layanan perpustakaan yang mudah dan tidak berbayar , promosi kegiatan kelembagaan/organisasi seperti Kepala Perpustakaan dan seluruh unit kerjanya, serta informasi yang terbuka  secara luas di mana pelaksanaan kegiatn tersebut diadakan.

Pengguna Internet dan Media Sosial di Indonesia

Berdasarkan laporan We Are Social and Hootsuite Februari 2023 disebutkan bahwa ada 212,9 juta pengguna internet di Indonesia dan yang menggunakan media sosial sebanyak  167,0 juta orang setara dengan 60,4 persen dari total populasai sebanyak 276,4 juta jiwa,. Pengguna media sosial di Indonesia yang menggunakan Youtube 139 juta orang , Facebook  119.9 juta orang, Tiktok  109.9 juta pengguna intagram 89.15 juta orang, , Twitter 24 juta.

Berdasarkan laporan We Are Social dan Hootsuite, ada 556 juta pengguna Twitter di seluruh dunia pada Januari 2023. Jumlah tersebut meningkat 27,4% dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya. Twitter menempati peringkat ke-14 aplikasi media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Adapun Indonesia menempati peringkat ke-5 sebagai negara dengan jumlah pengguna twitter terbanyak di dunia yaitu mencapai 24 juta pengguna.

Fitur Aplikasi Twitter

Fitur utama yang terdapat pada aplikasi Twitter adalah sebagai berikut: Kicauan/Tweet, Retweet, Follow, Followers, Unfollowing, Hastag/Tagar, Nama Pengguna, Topik Hangat/Trending Topics.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline