Lihat ke Halaman Asli

Suharyanto Mallawa

TERVERIFIKASI

Pustakawan Perpusnas

Kuliner Coto Makassar Senen

Diperbarui: 15 Oktober 2022   20:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dok. Pribadi

Pasar Senen Jakarta di tahun 1990 sangat terkenal dengan lapak pusat penjualan buku, baik buku sekolah, kuliah dan juga buku umum termasuk novel. Saat ini lapak buku masih ada  tapi sudah tidak seramai dahulu.

Eh kok jadi  ngomongin buku ya,  nah itu lah apapun yang dibicarakan sesungguhnya pasti berkaitan dengan buku, hati ini saya bersama Afif, anak lanangku, healing ke Gedung Perpustakaan Nasional RI, Healing ke kantor sendiri hehe. Kali ini bukan mau ngantor apalagi mau rapat, ceritanya mau ngeliat sambil belajar di acara Nangkring Kompasiana (liputannya sudah saya bikin tulisan tersemdiri). Nah, selepas acara  Nangkring Kompasiana (15/10) pulangnya mampir ke kuliner Senen dan tujuan utamanya adalah Coto Makassar. 

Ngomongin Kuliner Senen yang sudah sangat terkenal di Jakarta, kokasi disepanjang jalan Kramat Senen, persis di putaran flay over Senen.

Foto: Dok. Pribadi

Sentra Kuliner Pasar Senen ini sebenarnya pusatnya kuliner masakan dari Sumatra Barat khususnya Masakan Nasi Kapau. Hampir disepanjang jalan ini lapaknya Nasi Kapau.

Disalah satu gang diantara lapak nasi kapau, ada satu lapak Coto Makassar Senen Samsul Daeng Awing, dalam tulisan lain disevut juga Syamsul Daeang Ngawing. Rumah Makan ini  pertama kali dibuka pada tahun 2001 an

Saya sendiri sudah beberapa kali mampir di lapak Coto ini, baik makan di tempat ataupun juga di bungkus, hari ini beli 3 porsi coto daging dan 2 es palu butung.

Menunya Coto Senen macam-macam namanya seperti Parto, Janda, Haus Janda, Lembar janda, janda baru, janda hot, janda panas, dansa, telanjang, hadija, tanpa perasaan. Coto ini sangat makyus rasanya dan sangat kental kuahnya. 

Yukkk kita terus dukung dan majukan kuliner nusantara.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline