Lihat ke Halaman Asli

Malinda Sari Sembiring

Nothing is impossible because anything is possible if you believe

Antara Nasionalisme dan Hajat Hidup?

Diperbarui: 19 September 2018   15:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: depokpos.com

Investasi pendidikan merupakan langkah terbaik untuk membekali generasi masa depan penerus bangsa. Pribahasa, “tuntutlah ilmu sampai ke negeri China,” menginspirasi untuk berkelana guna mendapatkan pengetahuan baru di negara lain. Negara tujuan dengan segala fasilitas dan kesempatan, kadang menarik perhatian warga negara Indonesia (WNI) untuk menetap dan bekerja seusai menyelesaikan pendidikan. Memanfaatkan kesempatan dan memenangkan persaingan adalah hal yang luar biasa, namun etiskah hal ini dilakukan sementara Indonesia telah menyumbang banyak dalam penghidupan kita?

Mengecap WNI sebagai tidak memiliki nasionalisme sekilas dapat dilakukan, namun sudahkah pemerintah yang seharusnya mengurusi rakyat melaksanakan bagiannya dengan tepat? Era reformasi 1998, insinyur pembuat pesawat dan alat transportasi bawahan Habibie banyak yang kehilangan pekerjaan usai penutupan industri pesawat terbang pertama di Indonesia. Dalam kondisi tidak dapat memenuhi hajat hidup sendiri, di mana bantuan pemerintah? Langkah terbaik yang dapat mereka ambil adalah hijrah keluar negeri, ke negara di mana keilmuwan yang mereka miliki dapat dimanfaatkan dengan optimal sekaligus memenuhi kebutuhan hidup.

Pemerintah harus peduli terhadap talenta luar biasa banyak WNI yang ada di luar negeri. Keberadaan ilmuwan Indonesia di luar negeri sesungguhnya masih dapat bermanfaat bagi Indonesia ketika pemerintah mampu mewadahi mereka, sehingga buah pikir dan karya yang dihasilkan dihakpatenkan atas nama Indonesia. WNI pun tetap dapat berkarya dengan segala fasilitas dan kelengkapan negara lain, namun tetap berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline