Lihat ke Halaman Asli

Nasionalisme Negeri Kita

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Nasionalisme Negeri Kita

Oleh : Malikhatul Haeni

Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Yogyakarta

Nasionalisme dalam kehidupan sehari- hari sering kita kenal sebagai suatu paham kebangsaan yang di dalamnya terdapat dua hal yang penting yaitu kenangan di masa lampau dalam hidup berbangsa dan kehendak untuk bersatu dalam hidup bernegara( Sunarso dkk, 2013: 38). Nasionalisme juga merupakan kerangka tentang identitas nasional yang sering muncul bersamaan dengan identitas yang lain seperti agama, suku, wilayah, bahasa, ras, gender, kelas sosial, dan lain-lain.

Nasionalisme dalam kehidupannya sering mengalami dinamika kehidupan dari satu generasi ke generasi yang selanjutnya. Seperti kita ketahui bahwa dalam masa penjajahan nasioanlisme muncul sebagia upaya dalam melawan penjajah. Kemudian lama-kelamaan nasionalisme terus mengalami dinamika, setelah kemerdekaan berlangsung nasionalisme merupakan upaya untuk melepaskan diri dari cengkraman jajahan dalam bidang ekonomi.

Namun, nasionalisme bukanlah hal yang kaku artinya bahwa suatu sikap nasionalisme itu bisa berjalan asalkan di dalam jiwa seseorang masih terdapat kemauan untuk saling bersatu untuk mewujudkan bangsa yang hebat terlepas dari perbedaan yang ada di dalamnya.

Selanjutnya kita tengok nasionalisme di negara kita. Nasionalisme di Indonesia itu sendiri adalah nasionalisme Pancasila, itu artinya bahwa di Indonesia paham kebangsaanya berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila. Artinya bahwa nasionalisme di Indonesia mengacu pada rasa persatuan, yang dalam hal ini segala bentuk perbedaan disatukan menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh tanpa membedakan keheterogen masyarakatnya dalam suatu wadah negara kesatuan Republik Indonesia. Jadi nasionalisme Indonesia adalah rasa persatuan yang muncul dalam jiwa bangsa Indonesia guna mewujudkan cita-cita bersama sebagai bangsa yang besar dan kuat dalam ikatan kenegaraan Republik Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline