Lihat ke Halaman Asli

Malik Fajar

Lagi suka menulis

Mengapa Kita Harus Tidur?

Diperbarui: 3 Maret 2023   10:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Andrea Piacquadio: www.pexels.com

TIDUR, kegiatan yang bagi sebagian orang merupakan hal yang sepele tapi memiliki manfaat yang begituu... besar untuk makhluk hidup.

Banyak sekali dari kita yang mengorbankan waktu tidur untuk melakukan kegiatan lain seperti menyelesaikan pekerjaan kantor, membuat tugas makalah, ataupun bergadang hanya untuk menonton  tim sepakbola favorit.

Tahukah kamu, bahwa tidur bukan hanya sekedar untuk memberikan waktu istirahat kepada organ-organ di dalam tubuh kita. Tidur merupakan sesuatu yang kompleks dan juga penting.

Di sini penulis akan sedikit menjelaskan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tidur.

Tidur dan Manfaatnya

Apa yang terjadi ketika mesin digunakan selama 24 jam tanpa henti? Yaa betul. Mesin akan mengalami overheat dan akan berdampak kepada kinerja mesin tersebut. 

Begitu juga dengan organ-organ pada tumbuh manusia. Apabila dibiarkan terus menerus bekerja akan terjadi penurunan fungsi dari organ tersebut.

Pada saat tidurlah organ tubuh mendapatkan waktu untuk beristirahat. Saat tidur, organ tubuh seperti otak, jantung, dan paru-paru akan menurunkan aktivitasnya.

Selain untuk memberikan waktu istirahat organ tubuh, ternyata tidur memiliki manfaat yang sangat banyak dan mungkin sedikit dari kita yang mengetahuinya.

Pertama, tidur dapat memperkaya beragam fungsi otak, termasuk kemampuan untuk belajar, mengingat, serta mengambil keputusan dan pilihan yang logis dan masuk akal.

Kedua, dalam sisi psikologis tidur bermanfaat untuk mengalibrasi ulang emosional kita di otak. Membuat kita dapat melawati berbagai jenis tantangan sosial dan psikologis dengan tenang dan kepala dingin.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline