Lihat ke Halaman Asli

5 Manfaat dari Tumbuhan Lidah Buaya

Diperbarui: 9 Juli 2023   10:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang memiliki daun berdaging dan berlekuk-lekuk. Tumbuhan ini berasal dari daerah tropis dan sering digunakan dalam berbagai aplikasi, baik untuk perawatan kulit, rambut, maupun pengobatan herbal.

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Apa Saja?

1. Menghidrasi rambut

Lidah buaya mengandung banyak air, sehingga dapat memberikan kelembapan dan hidrasi yang dibutuhkan oleh rambut kering.

2. Memperbaiki kutikula rambut Kandungan nutrisi dalam lidah buaya membantu menutup kutikula rambut yang rusak, sehingga membuat rambut terlihat lebih halus dan berkilau.

3. Mencegah kerontokan rambut Lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang membantu membersihkan kulit kepala dari sebum dan sel-sel kulit mati, yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut.

4. Mengatasi ketombe Lidah buaya memiliki sifat antimikroba yang membantu mengendalikan pertumbuhan jamur atau bakteri penyebab ketombe pada kulit kepala.

5. Mengurangi gatal pada kulit kepala

Sifat antiinflamasi lidah buaya dapat membantu meredakan gatal pada kulit kepala yang disebabkan oleh iritasi atau kondisi kulit tertentu.

Bagaimana cara menggunakan lidah buaya untuk rambut?

Dalam penggunaan lidah buaya untuk rambut, Anda bisa persiapkan lidah buaya segar, bersihkan rambut sebelum mengaplikasikan gel lidah buaya, pastikan rambut Anda bersih dari kotoran dan produk perawatan lainnya. Ambil sejumlah gel lidah buaya yang cukup untuk rambut anda, Anda dapat mengaplikasikannya langsung pada kulit kepala dan rambut. Pijat kulit kepala setelah mengaplikasikan gel lidah buaya, pijat lembut kulit kepala Anda dengan ujung jari selama beberapa menit. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline