Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Alif Akbarsyah

Mahasiswa di Universitas Sriwijaya

Kemana Mobil Listrik yang Digunakan pada KTT G-20?

Diperbarui: 2 Maret 2023   19:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN pada tahun 2023, dengan adanya KTT G-20 di Bali pada 15 dan 16 Nvember 2022 kemarin, Indonesia menunjukkan kesiapan dirinya untuk merealisasikan program program ASEAN dengan menggunakan mobil listrik untuk memfasilitasi rekan kerja sama Indonesia di ASEAN.

Indonesia tanpa ragu menunjukkan diri nya seolah siap dengan perkembangan zaman, Indonesia siap dengan adanya perubahan yang akan terjadi, dan indonesia mulai memperhatikan keamanan alam atau Environment Security yang tentu nya akan memberikan afeksi kepada dunia dikarenakan banyak nya mobil yang menggunakan bahan bakar minyak menyebabkan polusi yang berpengaruh buruk bagi lingkungan dan keamanan Kesehatan manusia.

Indonesia sudah mulai memperjual belikan kendaraan listrik dan menyediakan tempat pengisian ulang baterai mobil listrik tersebut, namun pada KTT G-20 kemarin Indonesia menggunakan mobil produksi dari Lexus, yakni adalah Lexus UX300e yang dipinjamkan oleh pihak Lexus Sendiri.

Mobil yang sudah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2020 ini merupakan compact luxury crossover yang berteknologi full listrik atauBatery Electric Vehicle (BEV)pertama yang dikeluarkan atau dirilis oleh Lexus, mobil tersbut adalah yang pertama di Asia Tenggara dengan Harga jual 1,2 M.

Mobil UX300e ini menggunakan baterai listrik dengan kapasitas 54,3kWh yang dapat menghasilkan 201 Hp dengan Torsi 30 Nm, penggunaan baterai Lithium-ion yang dapat menempuh jarak sejauh 300km satu kali pengisian baterai hingga penuh.

Namun, kemana mobil yang digunakan untuk KTT G-20 tersebut? General manager Lexus Indonesia Bansar Maduma dalam wawancara mengatakan terdapat 113 Unit Lexus UX300e yang mereka pinjamkan untuk memfasilitasi para tamu negara tersebut sudah habis terjual, namun besar persentase dari pembeli tersebut adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Bansar menyebutkan sebetulnya pihak dari Lexus menyediakan 143 Unit mobil untuk digunakan sebagai kendaraan dinas KTT G-20 sebelum terjadi nya perubahan. Mobil yang digunakan untuk KTT G-20 sudah habis terjual.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline