Lihat ke Halaman Asli

M. Ali Amiruddin

TERVERIFIKASI

Guru SLB Negeri Metro, Ingin berbagi cerita setiap hari, terus berkarya dan bekerja, karena itu adalah ibadah.

Menulis di Gawai Seperti Menikmati Kopi

Diperbarui: 13 Mei 2018   02:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: droidpoin.com

Menulis adalah hal yang paling menggairahkan dan menyenangkan bagi saya. Menuangkan gagasan dan menceritakan sesuatu yang dilihat dan dirasakan sungguh memikat perasaan saya. 

Wabil khusus ketika menuliskan gagasan dan cerita atau informasi tersebut di sebuah gawai (gadget) yang saat ini dalam genggaman. Melukiskan imajinasi yang menurut saya perlu segera ditunaikan di sebuah layar ponsel dalam sebuah media penulisan tertentu. Sebut saja Kompasiana maupun blog pribadi. Nyatanya menelurkan sekelumit tulisan menjadi sesuatu yang terus mengundang selera.

Bolehlah pernyataan ini disebut alay atau agak lebay, lantaran dianggap terlalu berlebihan dalam menilai sesuatu. Namun yang pasti menulis itu sesuatu yang menantang dan mengundang nafsu untuk melalukannya. Sama seperti menikmati secangkir kopi.

Bagaimana tidak seperti menikmati secangkir kopi, dengan membuka laman blog dan langsung menekan tombol ketik pada layar ponsel secara mudah dan langsung bisa dilakukan di mana saja.

Yang penting syarat yang harus ada mesti terpenuhi dulu, misalnya ponsel atau gawai dalam keadaan hidup, fasilitas lengkap seperti aplikasi peramban seperti google dan yang pasti sudah menjadi member atau anggota blog atau justru memiliki akun blog pribadi atau bersama-sama seperti kompasiana. 

Dan yang tak kalah pentingnya adalah ada jaringan wifi jika ingin yang gratisan atau memilki kuota internet agar bisa berselancar di dunia maya.

Begitu ringannya sebuah gawai dibandingkan laptop atau notebook yang selisih beratnya cukup besar, sehingga memungkinkan bagi para penulis atau orang-orang yang suka menuangkan gagasan atau cerita dengan begitu mudahnya. Tidak harus keberatan karena harus membawa komputer atau laptop ke dalam tas yang pastinya membebani punggung.

Karena sebuah laptop memiliki berat kisaran 5 kg atau bahkan lebih menurut ukurannya. Coba kalau untuk memulis gagasan atau cerita yang kita temukam dalam perjalanan dan seketika itu juga ingin menuliskannya tentu menjadi kesulitan tersendiri. 

Apalagi dalam sebuai gawai, memiliki beragam fitur yang memberikan kemudahan dan keleluasaan pada penggunanya. Seperti bisa menjepret objek untuk dijadikan pelengkap tulisan. 

Mengedit foto pun bisa jika ukuran pixelnya terlalu besar. Google playstore sudah menyiapkannya. Atau dengan mudah ingin memakai hasil jepretan  atau rekaman orang lain maka tinggal menekan search maka gambar atau video yang dimaksud seketika itu muncul. 

Yang penting gambar atau video tersebut dilengkapi dengan sumber pengambilannya maka persoalan hak cipta tidak akan muncul.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline