Lihat ke Halaman Asli

M. Ali Amiruddin

TERVERIFIKASI

Guru SLB Negeri Metro, Ingin berbagi cerita setiap hari, terus berkarya dan bekerja, karena itu adalah ibadah.

Menikmati Liburan di Tempat Murah, Bisa?

Diperbarui: 5 Desember 2017   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Minggu ini anak-anak ingin menikmati liburan sehari. Maklum, sudah sepekan ini begitu disibukkan dengan kegiatan sekolah. Begitupun saya yang juga ingin melepas penat dengan hiburan di luar rumah. 

Sempat mikir, enaknya kemana ya, liburan yang terjangkau bagi kantong "kecil" ini. Akhirnya alternatif tempat rekreasi yang murah dan terjangkau ini jadi alternatif pilihan. Bukan yang terbaik sih, tapi demi melepaskan kekecewaan karena semalam anak-anak gagal ikut jalan-jalan dengan odong-odong  bersama rekan sebaya. Maka tempat inilah jadi obat kecewa bagi anak-anak.

Untuk ukuran masyarakat menengah ke atas, tempat ini sungguh dapat dibilang belum layak. Tapi bagi ekenomi pas-pasan maka inilah yang bisa jadi pilihan.

dokpri

Daripada kecewa karena gagal turut jalan-jalan, maka saya berusaha menghibur mereka dengan hiburan yang murah. Apalagi ini kan tanggal tua, yang notabene sisa gaji tinggal sak ndulit, maka tak salah memilih yang murah.

Bukan berarti tidak pernah memasuki tempat yang lebih mahal, pernah sih. Tapi hanya sesekali saja, sebagai obat rasa penasaran.

Kembali tentang mencari tempat liburan bagi anak-anak yang murah, kolam renang Pak Alek para pengunjung menyebutnya. Kolam renang yang berisi dua buah kolam dengan prusutan air sekedarnya ini ternyata dikunjungi oleh puluhan anak-anak sekolah. Tak hanya anak-anak sekolah, karena ada juga orang tua yang turut nyilem bersama anak-anak mereka. Nampak satu unit mobil terparkir di depan dan beberapa unit sepeda motor yang turut berjajar di parkiran. Saya menduga oh ternyata kolam renang murah ini cukup diminati juga ya? Dalam batinku menebak.

Dengan hanya bermodalkan 8.000 saja anak-anak bisa menikmati kesenangam bersama anak-anak lainnya. Cukup murah bagi ukuran kesenangan. Toh kesenangan  gak harus mahal kan?

Mengajak anak-anak bermain air, melatih mental anak-anak

Selain memberi hiburan sehari, ternyata mengajak anak-anak berenang memberikan banyak banyak manfaat loh. Salah satunya melatih keberanian. 

Pernahkan kita mendengar anak-anak yang mengalami sindrom takut air? Saya kira di antara kita pasti sudah mendengarnya. Apa itu? Sindrom takut air seperti sindrom takut ketinggian dan sindrom-sindrom yang lain. Yaitu ketakutan yang berlebihan akan sesuatu. 

Pada sindrom takut air, sang anak akan berusaha menjauhi air karena rasa takut yang mendera. Para psikolog saya kira sudah banyak membahas tentang masalah ini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline