Lihat ke Halaman Asli

M. Ali Amiruddin

TERVERIFIKASI

Guru SLB Negeri Metro, Ingin berbagi cerita setiap hari, terus berkarya dan bekerja, karena itu adalah ibadah.

Ini Alasan Mengapa Anda Mesti Nonton DA3?

Diperbarui: 12 April 2016   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Salah satu penampilan acara DA3 di Indosiar (beritabulukumba.com)"][/caption]Sejauh ini, menurut saya yang hoby menonton acara-acara yang berkaitan dengan musik dangdut, hanyalah DA3 yang pantas menjadi rujukan para hobiis musik asli Indonesia ini. Kompetisi yang sejatinya menjadi tonggak sejarah dimana musik dangdut semakin dikenal di ranah musik internasional.

Betapa kehadiran DA3 merupakan manifestasi dari usaha untuk menyemarakkan musik dangdut agar semakin dicintai dan dihargai sebagai musik yang bermartabat, tak sekedar dianggap sebagai musik kampungan.

Acara yang menyuguhkan kompetisi super beken yang menghadirkan peserta-peserta perwakilan dari berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke ini tentu tetap menjadi tontonan yang layak ditonton. Ini pendapat saya secara pribadi karena saya memang mencintai musik dangdut semenjak kecil. Jadi kalau melihat musik dangdut dikompetisikan dengan peserta dan tim juri yang profesional tentu menjadi penilaian plus tersendiri.

Para penyanyi yang awalnya merintis karir dari belum menjadi apa-apa, setelah sekian lama bertarung dalam kontes yang megah ini, secara perlahan melahirkan generasi-generasi dangdut yang berbobot yang selalu dibutuhkan oleh para penikmatnya. Generasi dangduters yang semestinya selalu lahir kembali ketika harus berhadapan dengan musik-musik import yang sedikit banyak memberangus kehadiran musik ini di era saat ini.

Tak hanya di era saat ini, karena saya yakin jika dangdut tidak dikembangkan dan diperjuangkan maka jangan berharap lagu yang bernilai tinggi ini akan didengarkan oleh generasi selanjutnya. Semua akan hilang, musnah di telan jaman digantikan oleh musik-musik yang bergenre lain.

Academy dangdut yang merupakan kelanjutan dari DA-1, 2 dan saat ini yang ketiga tentu memberikan makna yang dalam bagi penontonnya, karena awalnya dangdut dianggap musik ndeso, kini keberadaannya sudah bisa dibilang sejajar dengan musik-musik lain di dunia. Sayangnya telinga kita terlalu naif dan egois yang menganggap bahwa dengan kita mencintai dangdut, kita masih dianggap masyarakat kelas dua atau masyarakat marginal, padahal peminat dangdut ini saat ini sudah menyebar ke berbagai belahan bumi.

Di Arab Saudi saja yang begitu bertentangan dengan dangdut, ternyata mereka pun menyukai dangdut. Meskipun saat ini dangdut mengalami metamorfosis menjadi dangdut kombinasi dengan genre musik lain, ternyata tidak menghilangkan sifat aslinya yang penuh dengan cengkok dan goyangan yang menjadi ciri khas dari musik ini.

Selain bekennya musik dangdut yang dikemas dalam DA3 saat ini, tentu ada beberapa hal yang membuat Anda, khususnya saya sendiri perlu mencintai dan menonton acara ini. Antara lain;

1. Selain berkompetisi, Dangdut Academi adalah moment untuk menggembleng diri

Secara riil dan semua pemirsa yang saat ini menyukai acara ini, tentu melihat betapa para kontestan benar-benar melakukan kompetisi secara fair play. Mereka berkompetisin dengan jujur menampilkan kemampuan olah teknik berdangdut sesuai dengan aturan-aturan dan kreativitas para kompetitornya.

Siapa yang bisa memenangkan peluang ini, maka sudah dapat dipastikan ketika mereka keluar mereka sudah menjadi bintang dangdut baru yang siap-siap mewarnai musik dalam dan luar negeri. Meskipun bisa saja karena faktor SMS penyanyi bagus justru harus tersenggol, tentu yang menjadi pertimbangan adalah bahwa dalam DA ini kemampuan para penyanyi akan berkembang dan mengalami kemajuan yang pesat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline