Lihat ke Halaman Asli

MALANG REALITA

Pemerhati Sejarah & Budaya

Lumpang Unik di Petilasan Lereng Gunung Kawi

Diperbarui: 14 April 2021   22:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Sambang Petilasan Mandalakawi

Lumpang pada umumnya adalah alat menumbuk padi pada Zaman dahulu. Kebanyakan lumpang dijumpai terbuat dari batu, sekalipun juga ada yang terbuat dari bahan kayu.

Akan tetapi tidak semua bentuk lumpang yang terbuat dari batu, pada zaman dahulu dipergunakan sebagai media tumbuk padi setelah panen raya.

Terdapat tidak sedikit lumpang batu pada saat itu, dibuat untuk media lainnya. Semisal sebagai media ritual ataupun lainnya.


Seperti halnya lumpang-lumpang batu yang sering ditemukan dalam berbagai situs peninggalan. Maka akan dapat kita lihat, berbagai macam bentuk, motif, tentunya kegunaannya. Biarpun semua terbuat dari satu bahan yaitu Batu.

Misal seperti yang terdapat di sebuah situs yang berada di ereng-ereng Gunung Kawi ini.

Melihat bentuk, dan ukuran lebar kali panjang dalamnya. Bisa ditafsirkan lumpang tersebut bukanlah dulu dibuat untuk menumbuk padi. Karena, pada umumnya, lumpang yang dijadikan untuk menumbuk padi, lebar dan dalam lubangnya akan aus atau terkikis lebih lebar atau dalam dari ukuran semula. Sebab selalu digunakan untuk menumbuk.

Tetapi, lumpang di situs ini tidak tampak adanya bekas benturan penumbuk, atau pelebaran aus dari sebuah benturan penumbuk seperti pada kebanyakan lumpang yang digunakan untuk menumbuk.

Pun juga, dari bentuk Lumpang di sini sedikit lain dari kebanyakan lumpang yang sering kita temui pada sebuah situs peninggalan masa lalu.

Tim Penelisuran Jejak MANDALAKAWI

Lumpang di sini identik dengan bentuk hampir segi tiga. Semacam makna khusus, atau kegunaan yang beda dari pembuatannya.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline