Lihat ke Halaman Asli

Pedrosa Juara, Marquez Melewati Lorenzo di Tikungan Terakhir

Diperbarui: 24 Juni 2015   14:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13677603901316081722

[caption id="attachment_259192" align="alignleft" width="300" caption="Pedrosa, Marquez, dan Lorenzo di Podium MotoGP seri ke-3, Jerez, Spanyol/motogp.com"][/caption]

Pedrosa memenangi balapan seri ke-3 yang dihelat di Sirkuit Jerez, Spanyol (Minggu, 5 Mei 2013) dengan jarak  2.487 detik dari rekan setimnya di HRC, Marc Marquez ditempat kedua. Kemenangan ini merupakan yang pertama baginya setelah hanya menempati posisi  4 di Losail, Qatar, dan menjadi runner up di seri kedua Austin, Texas, juga merupakan kemenangan yang ke-46 sepanjang karirnya. Hasil ini menjadi kemenangan luar biasa bagi tim HRC yang berhasil finish 1-2, sebelumnya Marc memenanginya di Austin, Texas, dan Pedrosa ditempat kedua.

Memimpin selepas start, Pedrosa kembali dilewati Lorenzo di tikungan kedua putaran pertama. Namun hanya butuh 3 putaran untuk kembali melewati Lorenzo dan memimpin balapan di sirkuit Jerez hingga finish dan sama sekali tak tersentuh oleh kedua kompatriotnya.

Antiklimaks bagi Lorenzo, start dari posisi terdepan dan mendominasi latihan serta kualifikasi, kali ini turun diperingkat kedua dan mendapat perlawanan yang ketat dari Marquez sepanjang balapan; beberapa kali Marc berusaha melalui Lorenzo, namun pebalap Yamaha tersebut cukup tangguh mempertahankan posisinya sepanjang balapan, sampai pada akhirnya Marc berhasil melewatinya di tikungan terakhir pada putaran terakhir! Melalui aksinya di tikungan terakhir pada putaran terakhir saat melewati Lorenzo untuk merebut posisi kedua, Marc Marquez layak menyandang predikat Bintang pada seri ini.

Rossi yang start dari posisi 5 tak bisa berbuat banyak; berada di posisi 4 sepanjang balapan serta terlihat kesulitan untuk mengejar trio “matador”. Perebutan posisi 5 cukup seru, di mana terjadi pertarungan yang cukup ketat antara Bautista yang start dari posisi 6 dan Carl yang mengawali lomba dari tempat ke 4. Setelah berhasil melalui Crutchlow untuk beberapa lap, Bautista akhirnya kembali dilewati dan tetap bertahan di posisi 6 hingga finis. Di posisi 7 ditempati oleh pebalap Ducati, Nicky Hayden; Ia membalap seorang diri hingga finish. Posisi 8 hingga 10 ditempati masing-masing oleh Dovizioso, Espargaro (CRT tim), dan pebalap Monster Tech 3 Yamaha, Bradley Smith.

Balapan kali ini menghasilkan tiga pemenang berbeda pada tiga seri awal, dan membuat perubahan komposisi sementara di klasmen pebalap, Lorenzo yang sebelumnya berada di posisi puncak, turun diperingkat ketiga dengan 57 poin; Pedrosa naik satu tingkat ke posisi kedua dan hanya unggul satu poin dari Lorenzo dengan 58 poin; dan Marc Marquez, pebalap muda dengan bakat luar biasa, kini memimpin klasmen sementara dengan 61 poin setelah berhasil melewati Lorenzo di tikungan terakhir pada putaran terakhir. Seri berikutnya akan dihelat di Sirkuit Le Mans, Perancis, Minggu, 19 Mei 2013.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline