Lihat ke Halaman Asli

Rekam Debat Perdana Capres Cawapres

Diperbarui: 18 Januari 2019   08:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : kompas.com

Perhelatan debat Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), Kamis (17/1/19) dengan tema Hukum, HAM, teroris dan korupsi sudah berakhir. Head to head antara Paslon 01, Joko Widodo, Ma'ruf Amin dan Paslon 02 Probowo Subianto, Sandiaga Uno berlangsung seru.

Forum bermartabat yang dipandu Ira Kusno dan Imam Priyono ini dibuka oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman. Dalam sambutan singkatnya, ia menyampaikan pentingnya forum debat dalam memberikan referensi kepada masyarakat Indonesia untuk menggunakan hak konsistusinya.

"Perbedaan pendapat itu adalah sebuah keniscayaan dalam  berdemokrasi. Pemilu yang berdaulat,akan melahirkan negara akan kuat,"tegas Ketua KPU.

Saya menyaksikan perdebatan malam tadi, melalui chanel TV ONE. Sedikitnya, ada 6 tahapan debat. Diawali dengan pemaparan visi misi, menjawab pertanyaan panelis, saling menjawab pertanyaan antar Paslon dan diakhiri dengan peryataan penutup.

Dipandu oleh moderator, masing-masing Paslon mendapat kesempatan dan waktu yang sama dalam memberikan pertanyaan, juga menjawabi pertanyaan atau menanggapi jawaban Paslon.

Kesempatan pertama diberikan kepada Paslon nomor urut 01, Jokowi dan Ma'ruf Amin untuk menyampaikan Visi, Misi dan Program Kerja sesuai tema, Hukum, HAM, Terorisme dan Korupsi.Masing-masing diberikan kesempatan selama 3 menit.

Adapun, gambaran umum yang disampaikan Paslon Jokowi, Ma'ruf Amin yang diwakili Jokowi mengatakan, visi mereka adalah, Indonesia maju, dengan menawarkan optimisme dan masa depan Indonesia yang adil, maju dengan memperhatikan layanan ekonomi, juga ingrastruktur.

Bagi Paslon nomor urut 01, penegakan hukum semakin baik tidak saja memperhatikan pelayanan hukum itu sendiri. Butuh perhatian, pada bidang ekonomi, pembanguan infrastruktur, akses pendidikan, dan pelayanan pendidikan serta kesehatan.

Hal lain yang disampaikan, adalah tentang Hak Asasi Manusia (HAM) masa lalu yang memang membutuhkan upaya penyelesaian karena waktu yang sudah lewat juga membutuhkan pembuktian. Jokowi menegaskan tetap ada komitemen menyelesaikan masalah HAM.

Paslon 01 juga berjanji akan memperbaiki siatem hukum yang baik.Reformasi Hukum.Hukum ditegakkan tanpa pandang buluh
Akan ada perbaikan sitem. Tetap mendorong dan mendukung Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) dan kejaksaan untuk bekerja maksimal.

Giliran berikut diberikan kepada Paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Prabowo mengawali dengan mengatakan, Visi Paslon mereka adalah "Indonesia Menang". Prabowo mengatakan, indikator menunjukan Indonesia berada dalam kondisi yang tidak menguntungkan. Bagi Paslon nomor urut 02, ciri khas negara berhasil adalah swasembada pangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline