Lihat ke Halaman Asli

Hati-hati Kadang Tidak Disadari, Orangtua Sendiri Sering Menjadi Penghambat Anak untuk Sukses

Diperbarui: 11 Desember 2022   06:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo para pejuang

Setiap orang pasti punya mimpi untuk sukses, namun tidak semua bisa meraihnya, kebanyakan orang beranggapan kesuksesan hanya milik orang kaya, mungkin itu ada benarnya karena materi yang mereka miliki akan memudahkan mereka untuk sukses kembali. Eiit, tapi itu tidak sepenuhnya benar lo. Memang kemiskinan merupakan salah satu faktor penghambat seseorang untuk melakukan mobilitas sosial atau merubah nasibnya ke arah yang lebih baik, hal ini akan berlaku jika orang yang berada pada kelas bawah atau miskin memiliki sikap pesimis tidak bisa sukses dan naik kelas.

Anggapan hanya orang kaya yang boleh sukses sedangkan orang miskin tidak berhak untuk sukses itu hanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki pikiran sempit, jika anda adalah orang yang berwawasan luas pasti tidak setuju dengan hal itu bukan? karena mau jadi miskin atau kaya itu adalah pilihan setiap orang, jika orang kaya yang menganggap hanya golongan mereka yang bisa sukses berarti orang tersebut adalah orang yang tidak pernah merasakan bagaimana rasanya hidup dalam kemiskinan, jadi bukan berarti dia harus miskin dulu baru bisa sudut pandangnya ya, sedangkan jika dia adalah orang miskin maka dia perlu banyak membaca dan bergaul dengan orang sukses. karena jika mereka mau mencari tahu latar belakang orang yang sukses itu kebanyakan berasal dari orang yang tidak mampu pada awalnya.

Lalu bagaimana cara merubah status sosial dari kelas bawah menjadi kelas atas, lalu apa faktor penghalang terbesarnya? 

Nah, ini adalah pertanyaan yang menarik, jika kembali kepada konsep dasar manusia itu sendiri, manusia adalah mahluk sosial dan dinamis, yang selalu membutuhkan orang lain dan senang terhadap perubahan maka, sudah barang tentu dia akan terus berusaha mencari tahu bagaimana cara dia untuk bisa melakukan perubahan, hal ini bisa dilakukan dengan bertanya kepada orang lain yang sudah sukses misalnya, bisa juga dengan membaca biografi orang sukses, atau jika dia sedang mengenyam pendidikan bisa diskusi dengan rekan sejawat, guru atau dosen.

Dengan konsep manusia sebagai mahluk sosial yang selalu berinteraksi maka, secara otomatis seseorang akan mendapatkan wawasan atau ilmu, sedangkan konsep manusia sebagai mahluk yang dinamis yang selalu mengalami perubahan maka, seseorang pasti akan melakukan perubahan, tentunya perubahan yang diharapkan adalah perubahan yang baik dong.

Sebagai manusia, tentu kita sering penasaran dan mencari tahu tentang sesutu yang baru dan konsekuensinya mau tidak mau kita pun akan mempelajarinya. Dalam kehidupan sehari-hari kita berinteraksi atau berhubungan sosial, baik itu media sosial atau kehidupan nyata, manusia pada dasarnya lebih senang mempelajari hal buruk ketimbang mempelajari hal baik. hal ini dibuktikan rumus piramida, di mana orang yang menduduki kelas atas jauh lebih sedikit dengan orang yang menduduki kelas menengah dan kelompok kelas bawah sangat mendominasi, kondisi ini terjadi hampir di setiap lapisan masyarakat baik masyarakat yang berada di pedesaan dan perkotaan.

Sebagai contoh di dalam kelas yang berisi siswa sebanyak 30 orang, rata-rata siswanya jika diberikan tugas maka yang mengerjakan tugasnya tepat waktu hanya segelintir siswa bisa dihitung dengan jari. diantara siswa yang berjumlah 30 orang yang mau bekerja dengan maksimal dalam satu kelas paling banyak 3 atau 5 murid, sedangkan yang lain tidak memiliki minat untuk mengerjakannya atau paling jika diwajibkan untuk menyelesaikannya maka, mereka hanya mengerjakan tugas seadanya sebagai bentuk untuk menggugurkan kewajiban mereka saja.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Dari hasil pengamatan penulis, hal ini bisa terjadi karena banyak faktor antara lain yaitu sebagai berikut:

1. Anak akan lebih suka untuk bermain game

2. Menonton TV, viedo hiburan seperti di Youtube dan Tik Tok

3. Nongkrong di Pinggir jalan atau tempat-tempat tertentu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline