Lihat ke Halaman Asli

Penggunaan Teknologi Komputer dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Diperbarui: 13 Maret 2016   00:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Salah satu layanan bimbingan dan konseling dengan menggunakan teknologi komputer khusus nya internet adalah E-counseling. Konseling melalui e-mail sering disebut juga dengan email therapy, online therapy atau e-counseling.

Email counseling merupakan proses terapeutik yang didalamnya termasuk menulis selain pertemuan secara langsung dengan konselor.

Email merupakan cara baru untuk berkomunikasi secara tepat cepat dan efektif melalui internet. Hal ini tidak bermaksud untuk menggantikan konseling tatap muka, tetapi dapat menjadi salah satu cara dalam membantu klien memecHkan masalahnya pada jarak jauh tanpa bertemu langsung dengan konselor. 

E-counseling merupakan salah satu cara yang efektif dan efisien dalam proses konseling jarak jauh yang dilakukan antar konselor dan klien untuk membantu masalah-masalah yang berkaitan dengan perkembangan kepribadian dan kehidupan klien melalui surat atau tulisan pada internet 

E-counseling memerlukan waktu dalam menulis kepada konselor mengenai jenis bantuan apa yang diinginkan klien.klien dapat mengirimkan inisial email dengan keterangan pada suatu situasi yang dirasakan klien. Kemudian konselor akan membalas email dalam waktu maksumum 72 jam hari kerja sesegera mungkin atau dalam hari yang sama.

Mengirimkan atau menulis email kepada konselor merupakan proses terapeutik karena klin tidak bertemu langsung dengan konselor (Http://www.google/patricia_role's.com). Kekuatan e-counseling terletak pada menulism respon atau bantuan yang diberikan konselor bergantung kepada informasi yang diberikan. Klien tidak perlu mengirimkan seluruh kisah hidupnya, cukup dengan memilih informasi yang dirasakan pada satu situasi yang merupakan masalah.

Berikut adalah langkah menulis email kepada konselor yang terdapat dalam www.patricia_role's com

1. Menuliskan nama awal atau nama panggilan

2. Nama lengkap, nomor telepon dan alamat tetapi hal ini tidak terlalu penting

3. Alamat email yang digunakan dalam proses konseling

4. Jenis kelamin, usia dan posisi dalam keluarga

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline