Lihat ke Halaman Asli

Sucahya Tjoa

TERVERIFIKASI

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Ilmuwan Top Dunia Profesor Luming Duan dari Universitas Michigan Kembali ke Tiongkok

Diperbarui: 19 Desember 2022   18:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: iiis.tsinghua.edu.cn

Pada tahun 2018, Luming Duan, ilmuwan top Tiongkok, telah menjadi profesor di universitas Amerika yang terkenal, memperoleh ketenaran dan kekayaan.

Namun, saat itu, dia menerima panggilan telepon dari tanah airnya. Beberapa kata di telepon telah membuatnya mengambil keputusan dengan mantap untuk meninggalkan segalanya yang dimiliki di AS, memutuskan kembali ke tanah airnya Tongkok dan memulai kembali hidupnya di ibu pertiwinya.

Menghadapi laporan pengunduran diri Luming Duan, pihak AS mencoba segala cara untuk mencegahnya pergi. Tapi keputusan tegas dan mantap Luming Duan terpaksa membuat pihak AS menyerah.

Siapakah Prof. Luming Duan?

Profesor Luming Duan memperoleh gelar PhD dari University of Science and Technology of China. Dia memenangkan beasiswa dari A.P. Sloan Foundation pada tahun 2004 dan Penghargaan Peneliti Muda Luar Biasa dari Overseas Chinese Physics Association pada tahun 2005.

Dia terpilih sebagai Fellow dari American Physical Society pada tahun 2009. Profesor Duan adalah ahli teori di bidang informasi quantum , optik quantum, dan fisika atom dengan minat khusus dalam komputasi quantum, jaringan, dan simulasi quantum. Dia terkenal dengan sejumlah proposal inovatif untuk implementasi informasi quantum, termasuk skema "DLCZ" (Duan-Lukin-Cirac-Zoller) untuk mewujudkan komunikasi kuantum jarak jauh.

Karyanya tentang simulasi quantum dengan atom ultracold (2003) adalah salah satu makalah teoretis yang paling banyak dikutip tentang atom ultracold dalam dekade terakhir. Dia telah menerbitkan 100 makalah dalam jurnal refreed (termasuk 28 di PRL, enam di Alam, dua di Sains, dan satu di Ulasan Fisika Modern) dengan lebih dari 6000 total kutipan. Antara lain sbb:

https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1367-2630/18/7/073011/meta

Quantum discriminant analysis for dimensionality reduction and classification

(Analisis diskriminan quantum untuk reduksi dimensi dan klasifikasi)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline