Lihat ke Halaman Asli

Sucahya Tjoa

TERVERIFIKASI

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Bagaimana Memanfaatkan AI dalam Perang Rusia-Ukraina?

Diperbarui: 26 Maret 2022   18:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: forbes.com

Konsep orang modern tentang waktu tidak jelas. Jika kita tidak memikirkan dengan teliti, kebanyakan orang mungkin tidak langsung memikirkan: Sejak Putin menyatakan perang terhadap Ukraina pada 24 Februari, perang Rusia-Ukraina telah berlangsung selama lebih dari 30 harian. Selama lebih dari 30 harian ini, sorotan media internasional menyorot dua negeri yang sangat jauh dari pandangan kita. Dan kita tidak menyadari bahwa perang jenis baru bagi umat manusia telah lahir. Baca:

Perang Rusia-Ukraina Menjadi Perang AI Pertama Umat Manusia

Tidak lama setelah pecahnya perang Rusia-Ukraina, MIT langsung mengumumkan akan memutuskan kerjasama penelitian dengan lembaga penelitian ilmiah swasta di Moskow, Rusia. Menurut laporan "Boston Globe", lembaga penelitian Rusia "Institut Sains dan Teknologi Skolkovo", yang terutama mempelajari kecerdasan buatan (AI), energi, energi nuklir, biomedis, dan luar angkasa. mengukur kelemahan fungsional mendasar dalam teknologi algoritme kuantum yang banyak digunakan Google.

Nature and Science yang semula fokus pada rilis hasil penelitian ilmiah mutakhir global, tidak pernah berhenti memperbarui informasi penelitian ilmiah terkait peristiwa global ini sejak pecahnya perang. Misalnya, halaman Nature terbaru adalah berita tentang peneliti Ukraina yang menyerukan jurnal akademis untuk membela penulis Rusia.

Dengan perkembangan kecerdasan buatan (AI) sebagai perwakilan dari teknologi yang muncul semakin banyak, sejak pecahnya perang Rusia-Ukraina, banyak peneliti atau pengikut AI mungkin memiliki pertanyaan di benak mereka: Dalam perang ini, kecerdasan buatan akan memainkan peran seperti apa?

Jika kita dengan hati-hati mempelajari melalui beberapa dokumen yang mendokumentasikan perkembangan kecerdasan buatan di Rusia selama beberapa minggu terakhir. Fakta yang jelas adalah bahwa di mata "bangsa yang berperang", kecerdasan buatan juga secara alami diklasifikasikan sebagai salah satu sarana untuk memperkuat kekuatan militer. Tetapi penting untuk dicatat bahwa Rusia bukan satu-satunya pihak yang menggunakan AI untuk berperang. Menurut "WIRED", detektif online Ukraina juga menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk menentukan tentara Rusia.

Tidak peduli seberapa ketakutan para ilmuwan, tidak ada yang dapat dilakukan para ilmuwan ketika hasil yang dihasilkan oleh "sains dan teknologi untuk kebaikan" digunakan dengan cara yang tidak bermoral. Bahkan seorang jenius seperti Einstein hanya bisa hidup dalam penyesalan. Tapi roda sejarah telah dimulai, siapa yang bisa menghentikannya?

Menggunakan AI Untuk "Mengindetifikasi" Tentara Musuh

Ketika berbicara tentang hubungan antara AI dan perang, kebanyakan orang mungkin pertama kali memikirkan "robot tempur" daripada pengenalan wajah.

Seperti yang kita ketahui bersama, perkembangan teknologi pengenalan wajah sudah sangat matang, bahkan bisa disebut sebagai "teknologi kecerdasan buatan yang paling familiar bagi masyarakat umum", yang telah merambah ke segala aspek kehidupan masyarakat, terutama pembayaran dan keamanan. Namun, hari ini, teknologi tersebut memiliki penggunaan yang lebih kritis: pertahanan militer.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline