Lihat ke Halaman Asli

Sucahya Tjoa

TERVERIFIKASI

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Huang Lingyi Penyelamat Industri Ponsel Pintar Tiongkok dari Embargo Chip AS

Diperbarui: 2 Maret 2021   17:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: daydaynews.cc + 92wenzhai.com

Persyaratan perangkat keras untuk teknologi informasi semakin tinggi dan kini semakin banyak peneliti Tiongkok yang masuk di bidang ini.

Pada 11 Januari 2020, CCF 2019 China Computer Society Award Ceremony & Upacara Pelantikan Ketuanya diadakan di Beijing. "Penghargaan CCF XIA Peisu 2019" diberikan pada pertemuan tersebut, dan lansia Huang Lingyi, seorang peneliti di Loongson Technology Co. Ltd. memenangkan penghargaan tersebut.

Huang Lingyi lansia 84 tahun mendobrak monopoli AS bersikeras membangun "CHIP Tiongkok" dan telah menyelematkan negera trilyuan yuan RMB.

Siapakah Akademisi XIA Peisu (1923-2014)

Sumber: english.ict.cas.cn

Xia Peisu adalah seorang ahli dan pendidik komputer terkenal, dan pelopor penelitian komputer di Tiongkok. Dia berpartisipasi dalam pengembangan komputer pertama dengan merancang sendiri di Tiongkok, dan meletakkan dasar bagi industri komputer Tiongkok.

Pada tahun 2014, "Penghargaan CCF Xia Peisu" didirikan oleh Masyarakat Komputer Tiongkok untuk memuji dan mengenang pekerja ilmiah dan teknologi wanita yang telah memberikan kontribusi luar biasa dan pencapaian luar biasa dalam mempromosikan industri komputer Tiongkok. Penghargaan ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan pekerja komputer wanita di bidang akademik, teknik, pendidikan, dan industri. Penghargaan ini dinamai "XIA Peisu", seorang ilmuwan komputer wanita terkenal di Tiongkok.

Dr. XIA Peisu, seorang ilmuwan komputer dan pendidik terkenal, salah satu pelopor penelitian dan pendidikan komputer di Tiongkok, Profesor dari Institut Teknologi Komputasi Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok (CAS), seorang Akademisi CAS, meninggal pada usia pada usia 91 tahun, di Rumah Sakit Persahabatan Tiongkok-Jepang, di Beijing. Jam setempat pukul 11: 10.00 tanggal 27 Agustus 2014.

Dr. XIA Peisu lulus dari Jurusan Teknik Elektro Universitas Pusat Nasional pada tahun 1945, dan kemudian melanjutkan studinya di Institut Telekomunikasi Universitas Nasional Jiaotong dari tahun 1945 hingga 1947. Kemudian kuliah di Inggris pada tahun 1947 dan menerima gelar PhD dari Universitas Edinburg pada tahun 1950. Selama dua tahun berikutnya, dia melanjutkan penelitiannya sebagai peneliti Post-Doc. Dr. XIA kembali ke Tiongkok pada musim gugur tahun 1951, untuk menjabat posisi Asisten Profesor, dan kemudian, Associate Professor, di Lab of Telecom Network, berafiliasi dengan Departemen Teknik Elektro Universitas Qinghua. Dia memulai karirnya dalam penelitian komputer digital pada tahun 1952. Dia pindah untuk bekerja di Institut Matematika CAS, dan kemudian, Institut Fisika Modern CAS selama empat tahun berikutnya. Sejak 1956, dia bekerja di Institute of Computing Technology of CAS.

Bersama MIN Naida dan WANG Chuanying, Dr. XIA terdaftar dalam tim riset komputer elektronik pertama di Tiongkok pada tahun 1952, yang mengantarkan perkembangan teknologi komputer di Tiongkok. Empat tahun kemudian, dia berpartisipasi dalam pendirian Institut Teknologi Komputasi CAS, yang merupakan salah satu dari "Empat Tindakan Untuk Tanggap Darurat Nasional".

Pelatihan spesialis komputer sebanyak mungkin adalah prioritas utama bagi institut yang berkembang, untuk dirinya sendiri dan untuk seluruh bangsa. Sebagai pimpinan teknis dari semua program pelatihan komputer, dia telah melatih lebih dari 700 profesional komputer, yang merupakan pilot penelitian dan pengembangan komputer di Tiongkok.

Principles of Electronic Computer, yang ditulis oleh Dr. XIA saat mengajar Principles of Electronic Digital Computer untuk kelas pelatihan, merupakan buku teks pertama di bidang ini di Tiongkok. Terjemahan bahasa Mandarin dari banyak istilah dan konsep komputer diperkenalkan langsung di buku ini dan masih digunakan hingga sekarang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline