Lihat ke Halaman Asli

Sucahya Tjoa

TERVERIFIKASI

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Mengapa Militer Inggris Ikut-ikutan Kembali ke Asia-Pasifik?

Diperbarui: 29 Januari 2019   12:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: www.navytimes.com

Kapal fregat Inggris Royal Navy Tipe 23 HMS Argyll (F231) bergabung dengan kapal perusak Arleigh-Burke pembawa rudal milik AS, USS McCampbell (DDG 85) beroperasi bersama di Laut Tiongkok Selatan (LTS) antara 11 dan 16 Januari 2019.

Di laut, McCampbell dan Argyll melakukan latihan komunikasi, taktik divisi, dan pertukaran personel yang dirancang untuk menangani prioritas keamanan maritim bersama, meningkatkan interoperabilitas, dan mengembangkan hubungan yang akan menguntungkan kedua angkatan laut untuk bertahun-tahun yang akan datang.

Argyll saat ini dikerahkan ke Indo-Pasifik untuk mendukung keamanan dan stabilitas regional. Penempatan kooperatif ini mengikuti latihan perang anti-kapal selam trilateral antara AL-AS, AL Kerajaan-Inggris, dan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang 21-22 Desember 2018.

Argyll saat ini sedang dalam masa kembali dari penempatannya selama sembilan bulan di Asia yang dimulai pada Juni 2018.

Mulai tahun ini dan berikutnya rencana negara-negara ekstrateritorial akan beroperasi puluhan ribu mil laut dari negaranya di LTS, tujuannya untuk apa?

PM Inggris Theresa May mengumumkan bahwa ia akan memperkuat kerja sama militer dengan Jepang dan juga mengirim fregat "HMS Montrose" ke Jepang pada akhir tahun lalu. Ini merupakan kapal perang keempat yang mengunjungi negara itu dalam 12 bulan, untuk melanjutkan peran Inggris dalam "penegakan sanksi PBB terhadap Korea Utara."

Sumber: Royal Navy

Fregat yang bermarkas di Plymouth Montrose akan menuju ke Asia-Pasifik untuk memantau transfer impor dan ekspor utama kapal-ke-kapal sebagai bagian dari kampanye tekanan internasional terhadap program nuklir ilegal Korea Utara.

Apakah kapal perang Inggris akan ditempatkan di Jepang, kapal perang AS dan Inggris juga muncul di Laut Filipina. Tampaknya AS sedang bersiap untuk menarik Inggris. Jenis permainan apa yang dinyanyikan di Jepang, berapa lama mimpi Inggris untuk kembali  lagi menjadi negara adidaya "Day of the Empire (Kekasairan Matahari Tidak Pernah Terbenam)" seperti dahulu?

Menurut Reuters, kapal perusak pembawa rudal AS, USS Mc Campbell yang ditempatkan di Jepang selama periode 11 Januari dan fregat Inggris "Agryl" melakukan latihan militer bersama di LTS.

Dikatakan bahwa ini adalah pertama kalinya sejak 2010 bahwa kapal perang AS dan Inggris telah muncul di LTS.

Jadi mengapa AS dan Inggris memilih untuk bermain di LTS saat ini?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline