Lihat ke Halaman Asli

Sucahya Tjoa

TERVERIFIKASI

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Apa Itu Falun Gong?

Diperbarui: 4 April 2017   18:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada 08-12-12 baca berita di Detik.com pengikut Falun Gong sedang beraksi di Bunderan H.I. Jakarta, untuk menuntut HAM pada pemerintah RRT. Namun mungkin banyak masyarakat kita yang masih belum mengetahui apa itu Falun Gong.

Menurut info dari media Tiongkok, penemu dan pendiri Falun Gong ialah  Li Hongzi (李洪志), lahir 7 Juli 1952 di kota Gongzhuling, Provinsi Jilin sebelah Timur Laut Tiongkok. Lulusan SD dan SMP di Changchun, ibukota Provinsi Jilin antara tahun 1960-69.

Menurut pandangannya dunia ini dibagi tiga tingkatan. Tingkat  penjaga Gerbang adalah dia sendiri ; Tingkat dimana termasuk spirit/roh baik – Tuhannya Kristen, Budha dan lain-lain, dimana manusia hidup didalamnya.   Bapak Li adalah “Tuhan” yang akan menyelamatkan manusia dari sampah dunia ini yang segera akan meledak. Menurutnya dia tidak akan mengadalkan tenaga magisnya untuk menyelamatkan manusia, namun memberi pelajaran dan latihan spiritual untuk memperkuat keyakinan akan kebenaran, kebaikan dan toleransi, dan membuat mereka menjadi fit untuk mencapai Sorga. (Xinran)

Konon pada 1970 sampai dengan 1978, dia bekerja sebagai perawat/pengangon kuda di markas ketentaraan Tiongkok, kemudian sebagai peniup trompet di unit Kepolisian Kehutanan di Provinsi Jilin (Timur Laut Tiongkok), dan sebagai pelayan di perhotelan di unit kepolisian hutan yang sama. Pada 1982 dia ditranfer ke institusi sipil sebagai satpam di Pabrik Changchun Cereal. Pada 1991 dia berhenti dari pekerjaannya dan mulai belajar Qi Gong (Ilmu olahraga Pernafasan ). Pada Mei 1992 dia mengajar Qi Gong dan mulai mempromosikan Falun Gong.

Li mengaku bahwa dia mendapat wangsit dari Buddha dan Master Taois sejak kecil, yang telah memberi kekuatan supranatural kepadanya. Dan dia mengubah hari lahir dirinya sama dengan hari lahir Sakyamuni Buddha, dan memprokalmirkan dirinya adalah “reinkranasi dari Syakamuni”.

Menurut catatan pihak Tiongkok, dia tidak belajar Qi Gong sebelum tahun 1988. Ilmu Qi Gong yang dia pelajari berbasis pada dua bentuk doktrin Qi Gong yang dia gabungkan menjadi satu bentuk gerakan “tarian” yang dia namakan Falun Gong. Dan selanjutnya dipropagandakan dengan cerita yang dikarang-karang dan misterius yang di-hiperbolakan atau yang sulit diterima akal sehat.

Dalam bukunya “Zhuan Falun”, Li mengaku bahwa dia pernah mempertunjuk kepada beberapa pengikutnya (tenaga magis) bahwa dia bisa menundakan datangnya awan selama setengah jam saat akan turun hujan. Dia juga mengaku bisa melihat kebenaran dari alam semesta, dan hal-hal yang indah yang telah terjadi pada zaman yang telah lewat pada zaman dahulu, serta asal mula terjadi alam semesta, perkembangannya dan kejadian yang akan terjadi pada manusia dikemudian hari. (Tapi setelah Falun Gong dilarang kegiatannya karena dianggap aliran sesat dan kultisme di RRT pada 1990, cerita ini telah dihapuskan dalam biografinya.)

Selanjutnya dia mendirikan Masyarakat Penelitian Falun Dafa (Research Society of Falun Dafa) di Beijing, dan dia memproklamirkan dirinya sebagai presiden/ketuanya pada tahun 1992. Sejak itu, dia berhasil mendirikan 39 pusat latihan dan pengajaran Qi Gong versinya, kemudian berkembang menjadi 1900 cabang dengan lebih dari 28 ribu tempat-tempat latihan dibanyak tempat di Tiongkok. Dan berhasil membentuk organisasi yang sistimatis.

Masyarakat Penelitian Falun Dafa dan cabang-cabang pusat latihannya secara berkala dan kadang tidak telah berhasil mengadakan aktivitas massal. Melalui Komunitas Falun Dafa, Li berhasil mendapatkan pengikut yang cukup banyak di Tiongkok, secara berkala dan kadang secara insidentil mengadakan aktivitas secara massal. Pada event-ivent ini sebagian pengikutnya mulai menyerang media dan kebijaksanaan Partai Komunis Tiongkok. Dia berhasil mendapatkan banyak dana. Li Honzi dapat mengakumulasi dana konon hingga 1,217 juta Yuan melalui khobah dan menjualan buku-buku (pada masa itu sekitar 1990an). Dengan uang ini Li membeli rumah dan mobil mewah dengan mengatas namakan anggota keluarganya.

Menurut pihak keamanan Tiongkok mereka telah beberapa kali menciptakan plot dan menghasut sejumlah pengikut Falun Gong untuk mengepung dan menyerang beberapa media serta unit-unit institusi pemerintah, sehingga mengganggu ketentraman dan ketertiban masyarakat umum. Dan bahkan oleh pihak resmi pemerintah Tiongkok dianggap telah mengganggu stabilitas negara.

Konon pernah pada 25 April beberapa tahun lalu, sekitar sepuluh ribu pengikut Falun Gong berkumpul dan mengadakan posesi Qi Gong di pusat elit politik Tiongkok di Zhongnanhai di pusat kota Beijing. Kegiatan ini dituduh telah mengganggu ketertiban umum secara serius oleh pemerintah Tiongkok. Ketika peristiwa ini terjadi Li Hongzhi berada di Hongkong.

Karena telah menjadi organisasi massa yang besar dan tidak terdaftar menurut Undang-undang yang berlaku. Maka ormas ini dinyatakan illegal. Sejak tahun 2000 dia sudah sangat jarang tampil dimuka umum. Dia dituduh oleh pihak berwenang Tiongkok bahwa dia dilindungi oleh pihak-pihak tertentu di Amerika Serikat untuk dijadikan alat untuk propanganda anti Tiongkok. Dan dia seolah dijadikan tokoh spritual setara dengan Dalai Lama. Yang mengherankan kegiatannya mendapat tempat dan dukungan dari negara-negara Barat. (Sepertinya Barat dan AS telah menggunakan double standard untuk masalah yang serupa ini, mengingat peristiwa Waco di Amerika beberapa dekade yang lalu yang dituduh pihak berwenang sebagai aliran sesat).

Pada 26 April 1999 dalam wawancara dengan Time di New York (dimuat dalam edisi Time 10 Mei 1999), dia mengatakan bahwa dunia ini sudah menjadi kacau karena  manusia telah di-invasi oleh alien dari planet lain, yang menantang ras manusia melalui ilmu pengetahuan, terutama melalui kloning. Pada 11 Oktober 1996, walikota Houston Robert C. Lanier memproklamirkan sebagai “Hari Li Hongzi” . Wawancara ini dilakukan oleh William Dowell dari Time di New York, penerjemahnya Zhang.

[caption id="" align="aligncenter" width="220" caption="Founder dan Pencipta Falun Gong yang dilindungi AS"][/caption]

Sumber:

- Dikutip dari naskah penulis  2008 “Serba Serbi Tentang Agama Suatu Cuplikan”

- XinRan bekas presenter/wartawati Radio di Tiongkok pengarang buku “ The Good Women of China"  Terbitan Chatto & Windus 2002 , London, Inggeris.

- http://foto.detik.com/readfoto/2012/12/08/174233/2113081/157/1/puluhan-praktisi-falun-gong-gelar-aksi-damai-di-bundaran-hi?nd771108fvt

- http://www.rickross.com/reference/fa_lun_gong/falun286.html

- http://www.china-embassy.org/eng/zt/ppflg/t36564.htm

- http://www.china-embassy.org/eng/zt/ppflg/t324778.htm

http://en.wikipedia.org/wiki/Li_Hongzhi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline