Lihat ke Halaman Asli

Sondre Digital

Komunitas Milenial

Bali Digital Fashion Week 2022: Bentuk Ekspresi Diri dan Kreatif Tanpa Batas

Diperbarui: 27 Desember 2022   16:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Digital Fashion (Dok: Pribadi)

Bali Digital Fashion Week 2022 (BDFW) merupakan sebuah acara digital fashion pertama di Asia Tenggara. Diinisiasi oleh MAJA Labs dan ICCN.

Penyelenggaraan BDFW 2022 ini menghadirkan seniman-seniman lokal maupun Internasional. Bertujuan untuk mengurangi sampah dan limbah produk fashion yang semakin mencemari lingkungan.

Fashion Bentuk Ekspresi Diri

Fashion adalah salah satu bentuk ekspresi diri, dengan fashion seseorang bisa menunjukkan siapa dirinya.

Meski demikian, apakah kalian tahu dampak dari industri fashion? Sejak tahun 2000, produksi fashion telah meningkat. Bahkan meningkat lebih banyak di tahun 2050 karena pakaian sudah murah dan mudah untuk dibuang.

Dampak yang tidak disadari yaitu limbah. Sekitar 92 Juta ton limbah tekstil diciptakan setiap tahun dari industri fashion, sama dengan satu truck sampah tekstil yang dipakai atau dibakar secara global dalam satu detik.

Selain itu, industri fashion mengkonsumsi 93 miliar metrik ton air bersih setiap tahunnya. Proses pewarnaan yang menggunakan bahan kimia beracun dan bertanggung jawab atas 17 sampai 20 persen polusi air industri global.

Dampak Industri Fashion (Dok: Pribadi)

Digtial Fashion Jadi Solusi dari Dampak Industri Fashion

Dari dampak-dampak negatif yang disebabkan oleh industri fashion, digital fashion menjadi solusinya karena akan membawa kita ke medium baru. Diketahui bahwa fashion digtial adalah pakaian 3D Virtual.

Dirancang oleh manusia dengan teknologi bentuk Avatar dan Augmented Reality dibandingkan menggunakan kain dan tekstil.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline