Lihat ke Halaman Asli

Maisyaroh Marpaung

Mahasiswa S1 / Universitas Ahmad Dahlan

Rahasia Belajar Xaviera Putri Salah Satu Peserta Clash of Champions dan Mahasiswa KAIST University

Diperbarui: 29 Juli 2024   17:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sources : instagram xavieraaputri

Sebelumnya kita pasti sudah ga asing dengan acara yang belum lama diadakan oleh ruang guru, yaps, benar sekali, class of champions adalah sebuah acara dimana di acara ini beberapa mahasiswa pilihan dari PTN dan PTS seluruh Indonesia bersaing dan saling menunjukkan kemampuan mereka untuk menjadi yang terbaik. 

Tidak hanya dalam negeri, ruang guru juga turut mengundang mahasiswa Indonesia yang berkuliah di luar negeri untuk ikut andil dalam coc. Salah satu dari mahasiswa luar negeri itu adalah Xaviera Putri yang merupakan mahasiswa dari KAIST UNIVERSITY dengan GPA 3,67/4,3 dan merupakan salah satu mahasiswa penerima beasiswa penuh dari kampusnya. Kepintaran Xaviera sangat banyak mengundang kekaguman dan antusiasme mahasiswa Indonesia. Tidak heran Xaviera menjadi mahasiswa berprestasi, ternyata ada rahasia dibalik cara belajar Xaviera yang diungkapkan Xaviera di akun instagramnya @xavieraaputri. Apa aja sih rahasianya, yuk kita bahas satu persatu. 

1.Teknik Pomodoro

Kita mahasiswa pasti udah ga asing dong sama teknik belajar satu ini. Teknik Pomodoro didasarkan pada prinsip bahwa penting untuk mengambil jeda di antara belajar untuk menjaga konsentrasi. Teknik Pomodoro sebenarnya sangat gampang untuk di realisasikan, tetapi kebanyakan orang ga bisa mengeksekusi teknik ini dengan baik. Padahal,teknik ini dipercaya sebagai sistem belajar yang singkat namun berintensitas tinggi, contohnya ketika mau belajar kita mengatur waktu / timer 25 menit belajar dan diselingi dengan istirahat 5 menit. Teknik ini merupakan teknik yang dilakukan Xaviera dalam kesehariannya, dimana Xaviera akan mengatur timer/waktu 40 menit dan diselingi dengan 10 menit untuk istirahat. 

2.Menyembunyikan Handphone 

Xaviera mengaku bahwa dia juga merupakan seorang yang sulit mengontrol diri untuk tidak bermain handphone. Nah, cara Xaviera mengatasi kesulitan itu adalah Xaviera menjauhkan atau menyembunyikan handphone ketika sedang belajar. Seperti meletakkan handphone dibawah meja atau memasukkan handphone kedalam tas. Hal ini sangat berpengaruh dengan Xaviera sampai-sampai Xaviera mengaku dia tidak menyadari ada handphone disekitarnya. 

3.Memanfaatkan jam kosong ketika kuliah

Hayooo siapa ni yang pas jamkos malah jajan atau main. Padahal kalau dihitung-hitung banyak banget loh jam kosong pas kita lagi kuliah. Nah, Xaviera sendiri ketika ada jam kosong dia selalu memanfaatkan waktu itu untuk review pelajaran-pelajaran sebelumnya. Akan tetapi karna jam kosong kuliah itu ga bisa selalu diprediksi waktunya, kadang 1 jam atau 2 jam. Solusi dari Xaviera adalah Xaviera selalu menyiapkan materi pelajaran yang akan dia review dari malam sebelumnya atau sebelum berangkat ke kampus. Sehingga ketika Xaviera ada jam kosong dia tidak perlu lagi mencari atau menentukan pelajaran mana yang akan dia review dan akan langsung meluncur ke pelajaran yang siap direview. 

4.Self Reward

Tips belajar ala Xaviera selanjutnya adalah buat self reward sebagai hadiah buat diri kita sendiri. Self reward itu ga harus makan makanan mahal atau ketempat yang mahal kok. Contohnya, kita bisa beli eskrim atau main bareng temen. Self reward ini sendiri banyak banget manfaatnya lohhh, selain buat merefresh otak kita setelah dipakai belajar, self reward juga bisa buat kita lebih fokus kali sama pelajaran dan bikin kepala kita lebih enjoy serta mudah meresap pelajaran. 

5.Journaling

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline