Lihat ke Halaman Asli

Rizal SN

Jurnalis

SMAN 1 Karangkobar Gelar "Gerakan Resik Kali" World Clean Up Day yang Diikuti 250 Relawan

Diperbarui: 26 Oktober 2023   19:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SMAN 1 Karangkobar

BANJARNEGARA - Sebanyak 250 relawan yang terdiri dari warga SMAN 1 Karangkobar, Banjarnegara dan forkopimcam Karangkobar melakukan kegiatan "Gerakan Resik Kali" atau membersihkan Sungai Grujugan, Karangkobar, Banjarnegara, Rabu (25/10/2023).

Kegiatan ini turut diikuti relawan dari Forum Destana Karangkobar, Karya Katresnan Banjarnegara, RAPI, Perangkat Desa Leksana, Perangkat Desa Karangkobar, Pemuda Pancasila, PGRI, Koramil, Polsek, Paguyuban Kios dan Lapak Pasar Karangkobar.

Kepala SMAN 1 Karangkobar Ibnu Rohmadi, S.Pd, M. Eng mengatakan, tema kegiatan tersebut adalah mengembalikan sungai sesuai fungsinya, "Ayo bersihkan dan lestarikan sungai".

Bagian dari menjaga lingkungan

SMAN 1 Karangkobar


Ibnu juga menjelaskan, kegiatan membersihkan lingkungan termasuk sungai di dalamnya sebagai bagian dalam menjaga alam demi keberlangsungan anak cucu kita di masa depan.

"Gerakan Resik Kali adalah tanggapan terhadap permasalahan serius yang mengadang ekosistem sungai di seluruh dunia," kata Ibnu, Kamis (26/10/2023).

Menurutnya, sungai yang seharusnya menjadi sumber air bersih dan tempat hidup beragam makhluk, saat ini semakin tercemar oleh limbah industri, limbah domestik, bahan berbahaya, dan sampah plastik.

Pencemaran ini tentu dapat merusak keseimbangan ekologi, kualitas air, dan kesehatan warga sekitar.

Gerakan yang dilakukan sebelum memasuki musim penghujan ini juga sebagai respons karena belum adanya mitigasi bencana tentang bahaya banjir.

Penyebab timbulnya sampah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline