Lihat ke Halaman Asli

Maimunah

Guru Kelas di SD Negeri 08 Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat

Teknologi dan Media dalam Kegiatan Pembelajaran

Diperbarui: 25 November 2023   09:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

     Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak inovasi yang muncul terutama pada bidang teknologi. Hampir seluruh aktivitas manusia tidak luput dari pemanfaatan teknologi, termasuk dalam bidang pendidikan. Adanya teknologi turut andil dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. dalam kegiatan pembelajaran. Pada saat kegiatan pembelajaran bukan hanya tentang mentransfer ilmu ataupun infromasi baru kepada peserta didik, melainkan juga bagaimana cara kita sebagai guru dalam menyampaikannya. Kenapa demikian? Hal tersebut dapat menentukan, apakah informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik atau tidak oleh peserta didik.

     Sejalan dengan hal itu, guru sebagai penyampai informasi harus mengupgrade dirinya agar dapat menyajikan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, misalnya dengan menggunakan video pembelajaran dan power point. Video pembelajaran dan power point merupakan media pembelajaran yang dapat menampilkan informasi secara audio maupun visual Selain itu, penggunaan model pembelajaran yang inovatif juga dapat membuat pembelajaran lebih bervariasi, misalnya pembelajaran berbasis masalah (PBM). Kedual hal tersebut tersebut dapat membantu guru untuk menarik minat peserta didik dalam belajar. Ketika minat peserta didik meningkat, maka peserta didik akan lebih fokus dalam menyerap informasi yang disajikan. Sebagaimana dalam kegiatan PPL yang saya lakukan ketika mengikuti Program PPG Daljab Angkatan II di Universitas Tanjungpura Pontianak tahun 2023.

     Pada saat mengajar, saya menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan  menyampaikan materi pelajaran menggunakan slide power point. Hal tersebut membuat peserta didik fokus memperhatikan apa yang ditampilkan. Kemudian peserta didik lebih berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sebagaimana tahapan dalam model pembelajaran berbasis masalah, peserta didik akan diarahkan untuk melakukan diskusi kelompok untuk mencari masalah yang akan diselesaikan. Tentu saja hal tersebut dapat melatih kemampuan berpikir peserta didik. Selanjutnya, peserta didik akan menampilkan hasil diskusi ke depan kelas, tujuannya untuk melatih peserta didik agar lebih percaya diri. Meskipun masih terdapat beberapa peserta didik yang masih malu-malu.

     Adapun apabila melihat dari penilaian evaluasi peserta didik, menunjukkan bahwa mereka telah mampu menerima dan mengelola informasi dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai yang diperoleh keseluruhan peserta didik di atas KKM. Minat belajar yang meningkat mempengaruhi hasil evaluasi peserta didik.

     Untuk itu, sebagai seorang guru harus selalu berinovasi dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Adapun upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti pelatihan atau seminar pendidikan yang berkaitan dengan pembuatan media pembelajaran, banyak membaca mengenai model pembelajaran, serta aktif berdiskusi bersama teman sejawat untuk melakukan inovasi-inovasi yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline