Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Aktivitas Belajar IPA dengan Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS)

Diperbarui: 29 September 2022   22:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Oleh : Mailani Dian Safitri, S.Pd

Guru SDN 1 Watuaji

 Pendidikan bukan hanya bagaimana cara untuk memperoleh pengetahuan. Namun, pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan yang berkaitan dengan pemahaman, sikap, keterampilan, serta perkembangan diri dari seorang peserta didik. 

Kemampuan atau kompetensi diri ini diharapkan dapat dicapai melalui berbagai aspek proses pembelajaran. Proses pembelajaran di sekolah juga merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik mempraktikkan dan mengamalkan ilmu yang telah diperolehnya.

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) termasuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif, dan mandiri. 

Pendidikan IPA dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari (Yuni, 2011).

Proses pembelajaran perlu mempertimbangkan adanya observasi yang memungkinkan peserta didik terlibat secara aktif terutama pada materi IPA. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap peserta didik kelas VI SDN 1 Watuaji, peserta didik terlihat kurang aktif dan motivasi belajar mereka masih rendah. 

Hal ini ditandai dengan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, serta peserta didik tidak memperhatikan ketika guru memberikan penjelasan mengenai materi pembelajaran kelas VI cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. 

Berdasarkan hal tersebut, salah satu alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan menerapkan pendekatan yang mampu meningkatkan aktivitas serta motivasi belajar peserta didik yakni dengan penggunaan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS).

Pendekatan JAS merupakan salah satu pendekatan yang memanfaatkan lingkungan sekitar baik lingkungan fisik, sosial, budaya, mental, teknologi dan simulasinya sebagai objek belajar IPA yang fenomenanya dipelajari melalui kerja ilmiah (Mulyani et al, 2008). 

Pembelajaran menekankan pada kegiatan belajar yang dikaitkan dengan situasi nyata, sehingga mampu membuka wawasan berpikir peserta didik, pengalaman belajar bermakna, dan hasil belajarnya lebih berdaya guna (Husamah, 2013).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline