Lihat ke Halaman Asli

Maidiyah

Guru Kelas

Best Practice

Diperbarui: 27 Februari 2024   15:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Best Practice PPG DALJAB Angkatan 3 Tahun 2023

di Susun Oleh : Maidiyah, S.Pd

Unit Kerja : SDN 22 Kubu

BAB 1

PENDAHULUAN

 

Latar Belakang Masalah

Kegiatan praktik baik (Best Practice) ini terjadi karena adanya suatu masalah yang dihadapi oleh peserta didik. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya yaitu rendahnya minat baca mereka sehingga dapat mempengaruhi penilaian dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Menurut Ahmad, Anisa & Wiwin (2023), "Faktor yang mempengaruhi rendahnya minat baca siswa salah satunya adalah minat membaca. Tanpa adanya minat untuk membaca dari seseorang maka akan sulit untuk memahami isi bacaan. Sebaliknya ketika seseorang tersebut memiliki minat membaca yang tinggi untuk membaca maka dalam memahami bacaan akan tidak mengalami kesulitan karena minat berperan penting dalam menggerakkan seseorang untuk melakukan suatu kegiatan." Dijelaskan juga bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat membaca, seperti:

  • Lingkungan
  • Perkembangan teknologi
  • Copy paste
  • Sarana kurang memadai
  • Kurangnya motivasi
  • Generasi serba instan
  • Diri sendiri

Selain itu, penulis juga melakukan wawancara terhadap Kepala Sekolah dan beberapa rekan guru tentang masalah yang dihadapi peserta didik. Dari hasil wawancara tersebut, didapatkan hasil seperti :

  • Guru kurang memotivasi peserta didik untuk membaca.
  • Peserta didik tidak tertarik membaca buku paket yang ada.
  • Koleksi buku bacaan diperpustakaan minim.
  • Sarana dan prasarana penunjang untuk meningkatkan minat membaca peserta didik tidak mendukung.

Berdasarkan hasil dari kajian literatur dan wawancara didapatkan bahwa penyebab masalah dari kurang berminatnya peserta didik dalam membaca buku paket atau buku cerita adalah :

  • Kurangnay motivasi dari orang tua maupun guru.
  • Sarana dan prasarana menunjang minat baca peserta didik kurang memadai.
  • Perpustakaan minim koleksi buku terbaru.

Berdasarkan pemaparan di atas, salah satu factor yang menjadi penghambat minat baca peserta didik adalah sarana dan prasarana penunjang minat baca peserta didik kurang memadai. Oleh karena itu, sarana disini penulis artikan sebagai media yang mampu menunjang minat baca peserta didik. Dalam berbagi Praktik baik ini, penulis menggunakan media ajar PowerPoint (PPT) sebagai alternative solusi yang dipilih guna meningkatkan minat baca peserta didik pada kelas I di SDN 22 Kubu. Dengan menerapkan media ajar PPT, peserta didik akan termotivasi dalam menigkatkan minat bacanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline