Lihat ke Halaman Asli

Maiden Ayu Hendrawanto

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta program studi Ilmu Komunikasi mengambil konsentrasi Public Relation

Canggihnya Media Sosial dari waktu ke waktu

Diperbarui: 6 Mei 2021   19:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Assalamualaikum wr . wb ....

Salam sejahtera untuk kita semua , semoga kita semua selalu di berikan kesehatan dan terhindar dari virus covid-19 ini , aamiin .. 

Perkenalkan nama saya Maiden Ayu Hendrawanto , sering dipanggil Maiden . Saya mahasiswa angakatan 2019 di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dan mengambil jurusan Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Public Relations . disini saya akan menjelaskan pengalaman saya mengakses media sosial dari sudut pandang saya sendiri , apa saja potensi media sosial yang saya gunakan dan juga apa yang harus masih di perbaiki di media sosial ini agar iklim media sosial di Indonesia bisa lebih sehat .

Media Sosial adalah media daring atau online yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh antara komunikator dan komunikan , proses interaksi antara satu dengan yang lain  serta mendapatakan sebuah informasi melalui akun aplikasi khusus menggunakan jaringan internet . tujuan dari adanya sosial media ini adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas . penggunaan perangkat teknologi seperti komputer , handphoen , tablet dan lain sebagainya telah mengalami peningkatan yang sangat tinggi bahkan sekarang tanpa adanya teknologi manusia akan merasa hampa . hal tersebut juga tentunya memiliki banyak kebutuhan akan jaringan internet , banyak hal yang dapat dilakukan dan media sosial adalah salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna internet saat ini .

Agar pengguna media sosial menggunakan media dengan lancar dan cepat dibutuhkan sebuah koneksi yang stabil dan cepat pula . kita tidak perlu lagi menghubung seseorang dengan melalui kabel telepon maupun kantor pos atau alat komunikasi tradisional lainnya . cukup dengan mengakses media sosial kita dapat terhubung dengan banyak orang di luar sana membuat forum , grup , diskusi bersama , mengunggah aktivitas sehari - hari , video call dan lain sebagainya . tentu saja , media sosial bukan hanya digunakan untuk komunikasi , blog , forum , atau aktivitas lainnya . namun sekarang media sosial juga dapat digunakan untuk kegiatan yang bersifat komersial , bisnis dan dapat menghasilkan uang yang bisa kalian dapat dengan mempromosikan produk kalian di akun media sosial .

Menurut saya , sekarang media sosial sudah sangat banyak kemajuan yang awalnya hanya membuat status dan mengunggah foto di beranda tetapi sekarang bisa membuat story dan mengiklankan produk . berikut adalah sosial media yang saya pakai di keseharian saya : 

1 . Facebook 

Yang saya pakai pertama kali yaitu pada tahun 2015 saya menggunakan facebook untuk berinteraksi kepada teman - teman saya di kelas , waktu itu facebook hanya bisa membuat status dan mengunggah foto dan video saja , namun sekarang banyak sekali perkembangannya yaitu salah satunya membuat story yang disambungkan ke instagram . dan sekarang facebook juga merupakan media untuk orang - orang berjualan untuk produknya . dari pengalamannya yang paling banyak yaitu jualan makanan yang akan didelivery keapada masyarakat terdekat meraka . tentu juga bukan makanan saja tetapi produk - produk digital juga di perjual belikan disini . dan juga sekarang facebook nambahkan fitur watch yang membuat para pro player game pubg , ml , maupun FF melakukan streaming di facebook dan mendapatkan keuntungan dari fans mereka . facebook adalah aplikasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia , menurut sumber dari wikipedia pada tahun 2017 jumlah member dari facebook telah mencapai 2.047.000.000 atau dua miliyar empat puluh tujuh juta lebih pengguna .

2 . Whatsapp

sebenarnya sebelum ada WA saya menggunakan BBM untuk berinteraksi dengan teman - teman , namun karena BBM sudah tidak beroperasi maka saya menggunakan WA karena sebagian banyak orang menggunakan WA untuk berinteraksi . dengan menggunakan WA ini saya dapat menelpon dan video call dengan teman - teman saya . menurut saya WA dari dulu sampai sekarang masih sama saja karena aplikasi ini memang khusus untuk chatting saja . 

3 . Instagram 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline