Lihat ke Halaman Asli

Maichel Firmansyah

Mahasiswa yang hobby menulis dan menjadikan tulisan sebagai bentuk semangat juang dalam memberi kebermanfaatan

Tourist Service pada Pariwisata Sumbar yang Berkelanjutan

Diperbarui: 30 Oktober 2022   16:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pariwisata merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh banyak orang dengan cara berkunjung pada suatu tempat dengan tujuan untuk rekreasi, pengembangan pribadi dan mempelajari objek wisata di tempat yang dikunjunginya dalam kurun waktu yang sementara. Pengertian pariwisata ini telah tertuang dalam UU nomor 10 tahun 2009.

Maka maknanya, Wisatawan merupakan seseorang atau sekelompok orang yang pergi dari tempat asalnya menuju ke tempat tertentu dan menghabiskan uang ditempat tersebut dalam kurun waktu sementara, kemudian ia kembali lagi ke tempat asalnya.

Di sumatera barat, terdapat banyak destinasi wisata dan objek wisata yang selalu menjadi rujukan oleh wisatawan karena tempat wisata di Sumatera Barat ini dapat memuaskan hasrat dan keinginan wisatawan yang berkunjung, baik itu wisatawan domestik atau pun wisatawan mancanegara.

Wisatawan yang datang ke sumbar (sumatera barat), mereka akan dimanjakan dengan pemandangan alamnya yang indah, adatnya yang kental dan peninggalan-peninggalan bersejarahnya. Destinasi wisata di Sumatera barat mampu merangkum semua tujuan dari setiap wisatawan untuk berwisata di sumatera barat, sesuai dengan pengertian dari wisata itu sendiri yang telah ada di dalam undang-undang bahwa wisatawan melakukan traveling atau healing untuk untuk rekreasi, pengembangan diri dan juga mempelajari objek-objek wisata yang ada.

Alasan wisatawan memilih Sumbar sebagai tempat berlibur ? Alasannya, karena Sumbar memiliki daya tarik tersendiri yang jarang dimiliki oleh daerah-daerah lain. Hal tersebut dapat terlihat dari berbagai macam keindahan alamnya, keragaman flora dan fauna, kesenian, kebudayaan dan peninggalan-peninggalan sejarahnya. Semua itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk menapakkan kakinya di Sumbar.

Dari segi sumber daya alam, Sumbar tidak perlu diragukan lagi, pemandangan sumbar telah terbukti mengagumkan untuk setiap yang memandangnya, itu terbukti sebab Sumbar masih tetap eksis hingga sekarang sebagai pilihan destinasi wisata saat liburan atau hari-hari biasa.

Berbicara mengenai kepuasan wisatawan, maka aspek keindahan alam dan kesejukan alam yang dimiliki tidak bisa menjadi pedoman bahwa wisata-wisata Sumbar akan tetap eksis hingga masa yang akan datang. 

Sebab, aspek kepuasan wisatawan bukan hanya pada pemandangan alam atau sumber daya alam yang dimiliki. Agar wisata Sumbar tidak kehilangan peminatnya, maka ada dua hal yang perlu dipertahankan sebab kepuasan wisatawan itu terdiri dari dua hal, yaitu "Tourism Resources" dan "Tourist Service".

Tourism Resources adalah aspek sumber daya alam yang dimiliki pariwisata sehingga menjadi daya tarik dan memberikan rasa puas bagi wisatawan saat melihat dan menikmatinya. Sedangkan, Tourist Service adalah pelayanan yang diberikan pada destinasi wisata yang meliputi sarana prasarana, aksesibiltas, fasilitas dan keamanan.

Tourism Resourch adalah sumber daya yang dijualkan kepada wisatawan. Ada berbagai ragam tempat wisata yang memiliki daya tarik yang indah dan unik untuk dinikmati. 

Citra baik Sumbar yang terkontraksi pada indahnya alam, keragaman flora dan fauna, budaya, kesenian dan peninggalan sejarah sebagai rujukan bagi wisatawan domestik dan mancanegara Sumbar tetap eksis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline