Lihat ke Halaman Asli

Mahyu Annafi

Guru Ngaji

Polisi Baik yang Merawat ODJG

Diperbarui: 22 Juni 2024   17:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pak Pramono dan isteri. (Tangkapan Layar di Youtube Dedi Corbuzer)

#sebuah catatan

Tiga hari ini saya rajin membuka konten Pak Purnomo, Polisi asal Lamongan yang inspiratif. Wajar masyarakat menjulukinya Polisi baik.

Apa sih Polisi baik? 

Polisi baik itu mereka yang senantiasa menjalankan tugasnya dengan baik dan benar. Mengayomi masyakarat dengan sungguh-sungguh, tak kenal jemu dan lelah. Barangkali itu di antara upaya yang dilakukan oleh Pak Purnomo sehingga masyarakat menilai dengan baik.

"Semua gimana niatnya, kalau niatnya baik maka hasilnya baik pula," begitu ujarnya di banyak kontennya yang tersebar.

Setiap pulang kerja beliau mencari sepanjang jalan ada tidak ODJG, kalau ada maka beliau dekati, tanya dan ajak pulang. Sebelumnya, beliau pangkas rambutnya. Ganti bajunya lantas di bawa ke pondok tepat di belakang rumahnya.

Sehari kadang ada dua, tiga bahkan lima ODGD didapatkan. Kadang tak ada sama sekali. Di rumah beliau tak mengurus sendiri, ada tim yang sudah dibentuk. Tentu saja yang setia menemani isteri beliau dan anak-anaknya yang selalu men-support kegiatan kemanusiaan ini.

Sekarang kurang lebih 150 pasien yang beliau tangani. Bersama tim dari dokter, perawat, bidan, relawan dan asatiz yang yang memantau juga menemani perkembangan pasien di sana.

Alhamdulillah, seratusan pasien di sana dinyatakan berhasil sembuh. Ada yang pulang kembali beraktivitas seperti sedia kala. Ada pula yang mengabdikan diri sana, membantu mengurusi pasien yang lain.

Dari Pak Pramono kita belajar arti sebuah ketulusan. Niat baik akan sempurna jika dilakukan, ditemani orang baik, pun begitu kata beliau. Apa yang beliau lakukan wujud kesalehan sosial, di mana ketaatan tak hanya untuk diri tapi menebar untuk semuanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline