Lihat ke Halaman Asli

Mahmud Hasibuan

Pegiat sosial

Pahlawan Pendidikan

Diperbarui: 11 Januari 2019   18:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Doc Rumpun Anak Pesisir

Hari Jum'at dan Sabtu  merupakan hari special bagi Yayasan Rumpun Anak Pesisir, karena merupakan hari berkunjung ke lapangan atau ke kediaman anak-anak di wilayah pesisir Jakarta Utara.

Hari ini Rumpun Anak Pesisir akan mengunjungi beberapa anak . Salah satunya adalah Fenti 9 Th seorang anak perempuan yang setiap hari bekerja membantu ibunya menjadi buruh pengupas kerang. 

sempat kebinguan mencari keberadaan Fenti karena rumahnya yang kami kunjungi seminggu lalu ketika mengantarkan bantuan bahan pokok saat ini kosong. 

Pengurus Rumpun Anak Pesisir memberikan bantuan beras untuk keluarga Fenti

Alhamdulillah setelah bertanya ke tetangga ahirnya kami berhasil ketemu dengan Fenti. Ternyata Fenti dan keluarganya baru saja di usir dari rumah kontrakan mereka sebelumnya karena tidak sanggup bayar uang kontrakan sebesar Rp 350.000 sebulan.

Usia Fenti sudah 9 tahun tetapi belum juga sekolah. Orang tua Fenti tidak sanggup menyekolahkan Fenti karena kondisi ekonomi yang susah. Untuk biaya hidup sehari-hari Fenti dan ibunya harus ikut bekerja menjadi buruh pengupas kerang karena penghasilan bapaknya yang seorang pemulung sering tidak cukup untuk biaya hidup sehari-hari.

Pernah daftar ke SD Negeri tapi tidak diterima karena Fenti tidak punya akte dan orang tuanya tidak punya KTP. Kalau daftar di sekolah swasta tidak sanggup bayar uang pendaftaran dan SPP setiap bulan ujar bapaknya Fenti

Kondisi seperti yang dialami Fenti sangat banyak dialami oleh anak-anak lainnya di wilayah pesisir Jakarta. Selain Fenti masih ada Wulan, Yanti, Rama, Gresya dan teman-teman nya yang bernasib sama.

Untuk itu Rumpun Anak Pesisir membuat suatu gerakan ajakan kepada semua orang untuk ikut ambil peran dalam membantuanak-anak Bangsa seperti Fenti dan teman-temannya. Gerakan ini bernama "Aksi Sejuta Pahlawan Pendidikan" . Alhamdulillah Aksi Sejuta Pahlawan Pendidikan ini sudah membantu banyak anak-anak Bangsa seperti:

1.  Menebus Ijasah yang sudah dua tahun tertahan

2. Membantu biaya SPP , Uang daftar, Uang UAS dan beberapa jenis tunggakan biaya pendidikan

3. Bantuan seragam dan alat tulis

Rumpun Anak Pesisir yakin dengan bergandeng tangan kita semua bisa membantu para generasi Bangsa untuk meraih cita-citanya. Bagi teman-teman yang ingin bergabung untuk ikut membantu bisa datang langsung ke sekretariat Rumpun Anak Pesisir di Kampung Nelayan Muara Angke, atau bagi yang belum sempat waktu untuk datang langsung mohon doa dan kesediaan nya untuk membantu Fenti dan teman-teman dengan cara berdonasi di https://kitabisa.com/sejutapahlawan

Fenti, di depan rumahnya

Semoga Tuhan mengabulkan doa Fenti Untuk bisa sekolah melalui kebaikan yang kamu berikan.

CP: Rumpun Anak Pesisir 081298389590 (WA)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline